KERAGAMAN FENOTIPIK BAWANG PUTIH (Allium sativum L.) KULTIVAR DOULU GENERASI MV2 YANG DIRADIASI SINAR GAMMA 6 Gy, 8 Gy dan 10 Gy

Simanjuntak, Ruth Dewi and Gultom, Tumiur (2020) KERAGAMAN FENOTIPIK BAWANG PUTIH (Allium sativum L.) KULTIVAR DOULU GENERASI MV2 YANG DIRADIASI SINAR GAMMA 6 Gy, 8 Gy dan 10 Gy. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya 2019, 4 Oct 2019, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iradiasi sinar gamma terhadap fenotipik bawang putih kultivar Doulu. Penelitian dilaksanakan bulan Maret 2019 – Juli 2019. Bibit yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari bawang putih MV1 hasil radiasi sinar Gamma. Penanaman umbi dilakukan di Balai Penelitian Tanaman Sayuran, Desa Tongkoh, Berastagi, Sumatera Utara pada 21 Maret 2019. Rancangan yang digunakan dalam penelitian adalah Rancangan Tersarang (Nested design)dengan ulangan tidak sama dengan 4 perlakuan dosis radiasi yaitu 0 Gy (kontrol), 6 Gy, 8 Gy, dan 10 Gy. Masing-masing taraf perlakuan diulang sebanyak jumlah umbi hasil dari MV1. Sehingga satuan dalam percobaan adalah 340 siung bawang putih. Parameter yang diamati ialah data kualitatif yaitu kerapatan daun, warna daun, bentuk umbi dan struktur umbi yang diamati berdasarkan descriptor list dari IPGRI (International Plant genetic Resources Institute). Hasil dari penelitian ini tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap data kualitatif. Kerapatan daun pada keempat perlakuan adalah sama yaitu rendah (Low) warna daun adalah Moderate Yellowish Green hasil dari colour chart. Bentuk umbi perlakuan kontrol ialah Flat globe, Rhomboid, Broad oval, dan Globe. Pada perlakuan 6 Gy ialah Flat globe, Rhomboid, Broad oval, Globe, Broad elliptc dan Ovate (elongated oval). Pada perlakuan 8 Gy ialah Flat globe dan Broad oval. Pada perlakuan 10 Gy ialah Flat globe, Broad oval dan Broad elliptc. Sedangkan struktur umbi pada perlakuan kontrol ialah reguler two-fan groups, reguler multi-cloved radial, regular two-cloved, dan irregular. Pada perlakuan 6 Gy ialah Reguler two-fan groups, Reguler multi-cloved radial, Regular quadruple, Regular two-cloved dan Irregular. Pada perlakuan 8 Gy ialah Reguler two-fan groups, Reguler multi-cloved radial, Regular two-cloved dan Irregular. Pada perlakuan 10 Gy ialah Irregular.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Radiasi; Generasi MV2; Sinar gamma; Keragaman fenotipik; Bawang putih
Subjects: Q Science > QK Botany
Q Science > QK Botany > QK474 Spermatophyta. Phanerogams > QK495 Angiosperms
Q Science > QK Botany > QK640 Plant anatomy
Q Science > QK Botany > QK710 Plant physiology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Jan 2024 04:00
Last Modified: 03 Jan 2024 04:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53665

Actions (login required)

View Item
View Item