PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Sinaga, Angeline Septiana (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183121035 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183121035 COVER.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183121035 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183121035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183121035 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183121035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183121035 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183121035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183121035 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183121035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183121035 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183121035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183121035 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183121035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183121035 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183121035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan HOTS dengan menggunakan E-LKPD Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Usaha Dan Energi. Penelitian menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta penilaian guru dan peserta didik. Analisis hasil belajar siswa dilihat dari hasil pengerjaan siswa terhadap E-LKPD yang diberikan. E-LKPD dikatakan efektif jika jumlah ketuntasan siswa lebih dari 75% serta rata-rata hasil belajar lebih besar dari KKM. Hasil validasi mendapatkan kriteria sangat valid dengan presentase 90,62%. Uji coba kelompok kecil yang telah dilakukan didapatkan persentase rata-rata kepraktisan 97,65% dikatakan sangat praktis. Hasil penilaian siswa mendapatkan persen ketuntasan 76,6% dan nilai rata-rata 76,8. Hasil pengerjaan E-LKPD diperoleh 23 orang siswa tuntas dan 7 orang siswa tidak tuntas. Penggunaan E-LKPD dikatakan efektif karena jumlah ketuntasan siswa lebih dari 75% dan hasil belajar siswa lebih besar dari KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 FIS 017
Keywords: Bahan ajar; Pendekatan saintifik; Usaha; Energi; Lembar kerja peserta didik; Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:42
Last Modified: 11 Dec 2023 04:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53626

Actions (login required)

View Item
View Item