KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X SMA NEGERI DI MEDAN DAN MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN BERDASARKAN KERANGKA PISA TAHUN 2006 PADA KONTEN PENGETAHUAN BIOLOGI

Sihotang, Winda Sarifah (2015) KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X SMA NEGERI DI MEDAN DAN MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN BERDASARKAN KERANGKA PISA TAHUN 2006 PADA KONTEN PENGETAHUAN BIOLOGI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8136174033 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8136174033 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8136174033 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8136174033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8136174033 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8136174033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8136174033 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8136174033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8136174033 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8136174033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8136174033 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8136174033 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8136174033 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8136174033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8136174033 APPENDIX.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8136174033 APPENDIX.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8136174033 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8136174033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8136174033 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8136174033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8136174033 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8136174033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kemampuan literasi sains siswa dan mahasiswa; (2) pengaruh gender terhadap literasi sains; hubungan antara (3) latar belakang pendidikan formal orang tua (4) intensitas belajar sains; (5) dan pembelajaran sains di sekolah; dengan literasi sains. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri di Medan dengan jumlah sampel 269 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes literasi sains siswa dan angket faktor-faktor yang berhubungan dengan literasi sains siswa yang yang disusun berdasarkan skala Likert. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat korelasional. Teknik analisis data deskriptif persentase dan regresi pada taraf α = 0,05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa : (1) Rata-rata literasi sains siswa berdasarkan PISA pada konten pengetahuan biologi adalah 60.88 ± 12.27. Adapun kemampuan mengidentifikasi permasalahan ilmiah, menjelaskan fenomena secara ilmiah dan menggunakan bukti-bukti ilmiah diperoleh rata-ratanya secara berturut-turut yaitu 64,79 ± 15,76; 64,02 ± 14,18; dan 53,04 ± 15,83; (2) pengaruh gender hanya menunjukkan sedikit perbedaan terhadap literasi sains (F = 0,738; P = 0,391) dan t hitung 0,018; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara latar belakang pendidikan orang tua dengan literasi sains siswa (R = 0,345; F = 26,606; P = 0,000) dan mahasiswa (R = 0,740; F = 82,104; P = 0,000); (4) terdapat hubungan positif yang signifikan antara intensitas belajar sains siswa dengan literasi sains siswa (R = 0,853; F = 527,840; P = 0,000) dan pada mahasiswa (R = 0,605; F = 39,207; P = 0,000); (5) terdapat hubungan positif yang signifikan antara pembelajaran sains di sekolah dengan literasi sains siswa (R = 0,874; F = 637,537; P = 0,000) dan pada mahasiswa (R = 0,940; F = 512,374; P = 0,000); (6) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara latar belakang pendidikan formal orang tua, intensitas belajar sains dan pembelajaran sains di sekolah dengan literasi sains siswa secara bersama-sama pada siswa kelas X SMA Negeri se-Kota Medan (R = 0,877; F = 216,180; P = 0,000) dan pada mahasiswa (R = 0,952; F = 210,754; P = 0,000). Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas pembelajaran sains di sekolah, peran orang tua dalam mendidik siswa di rumah guna meningkatkan intensitas belajarnya dan membangun budaya belajar yang baik berkontribusi dalam mempengaruhi literasi sains siswa di SMA Negeri Medan serta mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.071 2 Sih k
Keywords: Literasi sains; Pembelajaran sains; Pendidikan formal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 May 2016 02:36
Last Modified: 23 May 2016 02:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5359

Actions (login required)

View Item
View Item