PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA DALAM PEMBELAJARAN SECARA DARING PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN

Sinaga, Yuwita C. Timorensia (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA DALAM PEMBELAJARAN SECARA DARING PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183321014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183321014 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183321014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183321014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183321014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183321014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183321014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183321014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183321014 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183321014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183321014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183321014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183321014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183321014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183321014 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183321014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kelayakan dan keefektifan Video pembelajaran. Untuk mengukur kelayakan video yang dikembangkan, dinilai oleh para ahli, diantaranya: ahli media, ahli materi, ahli Pembelajaran, guru mata pelajaran fisika, dan siswa. Sedangkan untuk melihat keefektifan video tersebut, dinilai oleh 40 orang siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Thiagarajan atau model Pengembangan 4-D (define, design, development, dan disseminate). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan memperoleh kategori layak dari ahli materi (80,53%). ahli media (90,62%), dari guru fisika (84,7%). Sedangkan menurut ahli pembelajaran dan penilaian siswa, video yang dikembangkan masuk kategori sangat layak, masing-masing (86,60%) dan (81,4 %). Penilaian Keefektifan penggunaan video tersebut didapatkan dari peningkatan hasil belajar siswa dimana diperoleh N-Gain sebesar 0,73 yang artinya video pembelajaran Fisika untuk materi Fluida Statis yang dikembangkan sudah layak dan cukup efektif untuk dijadikan sebagai sumber belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 FIS 062
Keywords: Video pembelajaran; Pembelajaran daring; Fluida statis; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 Oct 2023 04:46
Last Modified: 27 Oct 2023 04:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53482

Actions (login required)

View Item
View Item