KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DI ERA PERUBAHAN SOSIAL DAN EKONOMI

Darwin and Arifin, Muhammad (2023) KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DI ERA PERUBAHAN SOSIAL DAN EKONOMI. UMSU Press, Medan. ISBN ISBN : 978-623-408-372-9; E-ISBN : 978-623-408-371-2 (PDF)

[thumbnail of Book.pdf]
Preview
Text
Book.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perubahan sosial dan ekonomi saat ini melaju semakin pesat, di luar nalar terkadang. Apapun kejadian dalam hitungan detik sudah dapat disaksikan masyarakat luas seantero dunia. Akibatnya, menimbulkan beragam tindakan dan respon, positif maupun negatif terkadang tanpa filter.
Perubahan sosial dan ekonomi tersebut tentunya bisa dikendalikan, salah satu cara yang ampuh adalah melalui sumber daya manusia yang terdidik. Maka, pendidikan sebagai bagian yang menyangkut proses belajar untuk memperoleh dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan di luar sistem pendidikan yang berlaku dalam waktu relatif singkat dan dengan metode yang lebih mengutamakan pada praktik daripada teori.
Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) pada ayat 1 menyatakan, pendidikan adalah usaha sadar, dan terencana untuk memujudkan suasana belajar agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian, diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
UU Sisdiknas mengungkapkan tiga aspek pendidikan.1 usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran. Pertama, Pendidikan harus disiapkan matang melalui mutu guru, kelas, media, metode, evaluasi hingga prasarana pendudkung keberhasilan pendidikan. Pendidikan yang tidak direncanakan dengan baik memengaruhi mutu proses belajar pembelajaran yang berujung pada tidak tercapainya tujuan pendidikan. Kedua, potensi siswa berupa sikap, pengetahuan dan keterampilan. Tujuan pendidikan melahirkan manusia yang pintara terampil dan saleh. Manusia yang Imtak dan Iptek adalah manusia yang terampil dan baik terhadap sesama dan Tuhan. Ketiga, ilmu yang bermanfaat bagi individu, masyarakat dan bangsa. Tujuan akhir dari sekolah dan kuliah yaitu manusia harus bisa hidup bahagia dan membahagiakan orang lain.

Item Type: Book
Keywords: peluang dan tantangan era globalisasi; perkembangan kebutuhan pendidikan platform revolusi industri 4.0; supersmat society 5.0
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LA History of education > LA173 Higher education
L Education > LA History of education > LA31 By period
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 Jun 2023 13:07
Last Modified: 30 Jun 2023 13:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53379

Actions (login required)

View Item
View Item