PENGEMBANGAN MODEL PERENCANAAN STRATEGIK BERBASIS TOTAL PERFORMANCE SCORECARD DI SMK NEGERI 1 IDI ACEH TIMUR

Khairuddin and Zainuddin and Darwin PENGEMBANGAN MODEL PERENCANAAN STRATEGIK BERBASIS TOTAL PERFORMANCE SCORECARD DI SMK NEGERI 1 IDI ACEH TIMUR. Jurnal Pendidikan Dan Kepengawasan, 3 (2). pp. 125-135. ISSN 2242-9422

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang menggunakan metode research and development ini bertujuan untuk :
(1) Mengetahui komponen penyusunan renstra sekolah yang selama ini di laksanakan di
SMK Negeri 1 Idi Aceh Timur. (2) Secara teoretik menyusun model teoretik
perencanaan strategis sekolah berbasis Total Performance Scorecard. (3) Mengetahui
penerapan model teoretik perencanaan strategis sekolah berbasis total performance
scorecard di SMK Negeri 1 Idi Aceh Timur. Penelitian pengembangan ini menggunakan
pola 4D dari Thiagajaran dalam menganalisis data, yaitu define, design, development
and dissemination. Sehingga menghasilkan temuan penelitian sebagai berikut: (1)
Komponen penyusunan renstra sekolah yang selama ini dilaksanakan di SMK Negeri 1
Idi Aceh Timur belum sepenuhnya memenuhi kaidah teori penyusunan renstra, selain itu
juga belum adanya sinkronisasi antar unsur pada renstra tersebut. Keterlibatan warga
sekolah dalam menyusun renstra masih minim sehingga tidak menggambarkan
manajemen mutu pendidikan di sekolah. (2) Model teoretik perencanaan strategik
sekolah berbasis Total Performance Scorecard menghasilkan 9 jenis kartu scorecard
yang melibatkan seluruh PTK untuk mengisi personal balanced scorecard dan jurusan,
tata usaha serta kurikulum dan sekolah mengisi organizational balanced scorecard, lalu
didiskusikan pada tingkat section dan sekolah melalui FGD yang melibatkan Korwas,
pengawas sekolah dan komite sekolah. Hasil FGD akan menghasilkan unsur SWOT
untuk dianalisis bersama dengan dokumen renstra lama sehingga menghasilkan Analisis
Faktor Internal dan Analisis Faktor Eksternal sebagai awal lahirnya visi, misi, tujuan,
sasaran, peran kunci, strategi dan program sekolah selama milestone 5 tahun. (3)
Penerapan model teoretik perencanaan strategis sekolah berbasis total performance
scorecard di SMK Negeri 1 Idi Aceh Timur dilakukan setelah peneliti melakukan
validasi produk baik dari sisi operasional di lapangan dan validasi pendapat ahli secara
teori. Pengembangan model teoretik renstra berbasis TPS akan dilaksanakan pada
penyusunan renstra SMK Negeri 1 IDI pada tahun 2019.

Item Type: Article
Keywords: Perencanaan Strategik, Total Performance Scorecard.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:28
Last Modified: 30 Jun 2023 14:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53323

Actions (login required)

View Item
View Item