PENDEKATAN SUPERVISI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK TERHADAP PENGETAHUAN MENYUSUN PROPOSAL PTK PADA GURU SMA

Juraida and Sibuea, Abdul Muin and Darwin (2015) PENDEKATAN SUPERVISI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK TERHADAP PENGETAHUAN MENYUSUN PROPOSAL PTK PADA GURU SMA. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 7 (2). pp. 29-42. ISSN 1979-6684

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (633kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengetahuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas yang disupervisi dengan pendekatan supervisi kolaboratif lebih tinggi dari pada pendekatan supervisi direktif; (2) pengetahuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas yang memiliki kemampuan berpikir abstrak tinggi lebih baik dari pada yang memiliki kemampuan berpikir abstrak rendah; dan (3) interaksi antara penggunaan pendekatan supervisi dan kemampuan berpikir abstrak terhadap pengetahuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil di SMA Negeri di Kabupaten Nias yang berjumlah 50 orang. Seluruh populasi dibagi menjadi 2 kelompok perlakuan. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Analisis data yang digunakan adalah ANAVA Faktorial 2 × 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan pengetahuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas guru yang disupervisi melalui pendekatan supervisi kolaboratif dengan pengetahuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas guru yang disupervisi melalui pendekatan supervisi direktif dengan Fhitung > Ftabel (15,65 > 3,96); (2) terdapat perbedaan pengetahuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas guru yang memiliki kemampuan berpikir abstrak tinggi dengan pengetahuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas guru yang memiliki kemampuan berpikir abstrak rendah dengan Fhitung > Ftabel (25,62 > 3,96); dan (3) ada interaksi antara pendekatan supervisi dan kemampuan berpikir abstrak terhadap pengetahuan menyusun proposal penelitian tindakan kelas dengan Fhitung > Ftabel (17,45 > 3,96).

Item Type: Article
Keywords: supervisi, kemampuan berpikir abstrak, penelitian tindakan kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:16
Last Modified: 30 Jun 2023 13:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53309

Actions (login required)

View Item
View Item