Persepsi guru SMK pusat keunggulan tentang model kepemimpinan etnis Jawa: Asta Brata

Kisno and Sumaryanto and Gultom, Syawal and Darwin (2022) Persepsi guru SMK pusat keunggulan tentang model kepemimpinan etnis Jawa: Asta Brata. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10 (2). pp. 150-161. ISSN 2461-0550 (online) | 2337-7895 (print)

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru tentang gaya kepemimpinan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan-Pusat Keunggulan berbasis kearifan lokal yakni etnis Jawa. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan lokasi penelitian yang dipilih untuk melaksanakan penelitian yaitu 5 SMK Pusat Keunggulan di Cabang Dinas Lubuk Pakam, Provinsi Sumatera Utara. Sampel penelitian berjumlah 172 orang guru dan data dikumpulkan melalui angket berskala Likert yang disebarkan via Formulir Google. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa 68-79% guru memiliki persepsi bahwa kepala sekolah di SMK Pusat Keunggulan telah menerapkan model kepemimpinan sifat melalui filosofi Asta Brata dengan baik melalui indikator-indikator yang terdapat dalam dimensi sifat matahari, bulan, bintang, angin, angkasa, api, bumi dan samudra. Dengan demikian, model kepemimpinan berbasis etnis atau kearifan lokal dapat untuk diterapkan untuk mendukung program SMK Pusat Keunggulan sebagai wujud kolaborasi antara Kemendikbud dan pemerintah daerah, dalam meningkatkan kualitas SMK.

Item Type: Article
Keywords: kepemimpinan etnis, asta brata, persepsi guru, sekolah menengah kejuruan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:15
Last Modified: 30 Jun 2023 13:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53303

Actions (login required)

View Item
View Item