Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Kinerja Guru

Haryani, Rini and Lubis, M. Joharis and Darwin (2022) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Kinerja Guru. Jurnal Basicedu, 6 (3). pp. 3373-3383. ISSN p-ISSN 2580-3735; e-ISSN 2580-1147

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan dalam pendidikan menjadi kunci dalam pelaksanaan pendidikan yang efektif. Pemilihan gaya
kepemimpinan yang tepat oleh kepala sekolah akan mampu membawa sekolah ke arah peningkatan kualitas dan
pelayanan. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang gaya kepemimpinan kepala
sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan di SMK Negeri 1 Lokop dan
menelusuri tentang faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMK Negeri 1 Lokop.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian lapangan (Field Reseach) yang pengumpulan
datanya dilakukan di lapangan untuk mengadakan pengamatan terhadap suatu fenomena dalam suatu keadaan
alamiah Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan wawancara atau
Interview, Observasi, dan dokumentasi. Dalam mengecek keasbsahan data peneliti melakukan teknik Triangulasi
dimana teknik ini dugunakan untuk memeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain. Hasil
penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) Gaya kepemimpinan demokratis, (2) Gaya kepemimpinan
otokratis, (3) Gaya kepemimpinan birokrasi, (4) Gaya kepemimpinan karismatik, (5) Gaya kepemimpinan
transformasional, dan (6) Gaya kepemimpinan transaksional.

Item Type: Article
Keywords: principal's leadership style, teacher performance.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:15
Last Modified: 30 Jun 2023 14:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53293

Actions (login required)

View Item
View Item