Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah

Meilani, Herni and Lubis, M. Joharis and Darwin (2022) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Basicedu, 6 (3). pp. 4374-4381. ISSN p-ISSN 2580-3735; e-ISSN 2580-1147

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview

Abstract

Di dalam sebuah organisasi lembaga pendidikan yaitu sekolah, kepala sekolah sebagai pemimpin yang akan
membawa sekolah pada arah tujuan yang mengarah pada pencapaian mutu sekolah sesuai dengan yang telah
ditargetkan. Kepala sekolah merupakan individu yang penting dalam menjalankan sistem menajemen berbasis
sekolah dimana diberikan otonomi yang lebih besar dalam melaksanakan dan mengambil kebijakan terkait
peningkatan mutu pembelajaran. Penilitian ini menggunakan teknik kualitatif dengan model deskriptif, Subject
pada peneletian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru di SMK Swasta pembangunan Bangsa. Peneliti
menggunakan teknik triangulasi untuk mengecek keabsahan data, Hasil dari penelitian ini Kepala SMK
Pembangunan bangsa menggunakan gaya kepemimpinan demokratis. Model Manajemen Berbasis Sekolah
diterapkan sesuai dengan kebutuhan sekolah serta peraturan pemerintah. Kepala sekolah menerapkan strategi
manajemen yang memberi sekolah lebih banyak otonomi dan fleksibilitas sekaligus mendorong keterlibatan
langsung dari siswa dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas sekolah. Keterbatasan dana dan
sarana/prasarana menghambat pelaksanaan MBS, dan keterlibatan masyarakat belum maksimal.

Item Type: Article
Keywords: Menajemen Berbasis Sekolah, Kepemimpinan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 23 Jun 2023 09:04
Last Modified: 30 Jun 2023 14:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53290

Actions (login required)

View Item
View Item