Gaya Kepemimpinan Demokratis Guru pada Motivasi Belajar Siswa

Fahri, Faisal and Lubis, M. Joharis and Darwin (2022) Gaya Kepemimpinan Demokratis Guru pada Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6 (3). pp. 3364-3372. ISSN p-ISSN 2580-3735; e-ISSN 2580-1147

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini secara umum bertujuan untuk membahas dan menjabarkan tentang kepemimpinan guru dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa. Kajian ini juga diharapkan dapat menjadi rekomendasi serta
pertimbangan bagi pihak terkait, khususnya dalam menerapkan gaya kepemimpinan demokratif. Kajian ini
menggunakan jenis penulisan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliput; studi
kepustakaan, yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca
dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Selanjutnya studi lapangan yang meliputi; wawancara,
observasi, serta kajian dokumentasi. Dalam mengecek keasbsahan data peneliti melakukan teknik Triangulasi
dimana teknik ini dugunakan untuk memeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain. Hasil
yang didapat pada penelitian ini proses pembelajaran di kelas dibutuhkan adanya gaya kepemimpinan guru.
Gaya demokratis sangat berperan untuk memacu motivasi pada siswa. Guru yang kreatif dan aktif pasti
melibatkan siswanya pada proses pembelajaran. Dengan gaya kepemimpinan demokratis yang melibatkan
siswa dengan diskusi dan mengambil keputusan bersama menjadikan siswa beranggapan bahwa dirinya ada
dalam kelas.

Item Type: Article
Keywords: gaya kepemimpinan demokratis guru, motivasi belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 23 Jun 2023 08:50
Last Modified: 30 Jun 2023 14:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53287

Actions (login required)

View Item
View Item