LAPORAN AKHIR PENELITIAN PRODUK TERAPAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STATISTIKA BERBASIS CASE METHOD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HOTS MAHASISWA

Matondang, Zulkifli and Mulyana, Rachmat and Putra, Riansyah (2022) LAPORAN AKHIR PENELITIAN PRODUK TERAPAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STATISTIKA BERBASIS CASE METHOD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HOTS MAHASISWA. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNIMED, Universitas Negeri Medan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar statistika
berbasis kasus pada jurusan Pendidikan Teknik Bangunan FT Unimed. Pelaksanaan
pembelajaran matakuliah statistika saat ini sudah dilakukan gabungan secara dalam jaringan
(daring) dan luar jaringan (luring). Tahun Ajaran 2020 disusun kurikulum perguruan tinggi,
dengan menerapkan konsep Merdeka Belajar. Implementasi pembelajaran untuk setiap
matakuliah dilakukan dengan case method dan team based project. Mahasiswa dituntut
untuk mengetahui dan memahami berbagai kasus yang ada disekitar kita (masyarakat) dan
dituntuk untuk dapat memberikan solusi terhadap kasus tersebut. Dengan pendekatan
pembelajaran berbasis kasus, mahasiswa dilatih untuk dapat berpikir tingkat tinggi (HOTS)
agar dapat memberikan solusi terhadap kasus yang dipelajari. Melalui pelatihan dalam
pembelajaran agar mahasiswa dapat berpikir tingkat tinggi melalui berbagai cara seperti:
memecahkan masalah, berpikir kritis dan berpikir kreatif menjadi modal yang sangat penting
untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi RI 4.0. Dengan pembelajaran melalui
pendekatan kasus mahasiswa akan terlatih untuk berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan menjadi
modal dalam menghadapi perubahan zaman yang begitu pesat. Luaran dari kegiatan
pengembangan bahan ajar statistika berbasis kasus untuk meningkatkan kemampuan HOTS

mahasiswa ini menghasilkan suatu bahan ajar berupa materi yang dikembangkan dari kasus-
kasus yang ada disekitar mahasiswa yang berhubungan dengan Pendidikan Teknik bangunan

dan Teknik sipil. Luaran ini terintegrasi sebagai perangkat pembelajar yang dapat digunakan
untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah statistika.
Luaran lain yaitu artikel ilmiah yang disajikan pada seminar nasional dan Buku ber-ISBN.
Rencana pengembangan ajar statistika ini menggunakan model ADDIE (Analisis, Design,
Development, Implementasi dan Evaluasi). Tahapan analisis yang dilakukan mulai analisis
capaian kompetensi matakuliah statistika, penyusunan indicator, materi ajar, penyusunan
instrumen, penentuan sumber data (subjek penelitian). Dalam merumuskan dan mengalisis
tersebut dilakukan melalui focus group discussion (FGD). Kegiatan ini dilakukan agar
pelaksanaan pembelajaran matakuliah statistika pada jurusan PTB FT Unimed lebih efektif
dan tepat sasaran sesuai kompetensi yang gariskan dan dapat meningkatkan kemampuan
HOTS mahasiswa. Hasil penelitian ini akan diseminasikan pada kegiatan seminar
internasional dan menghasilkan artikel ilmiah dan proseding.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:03
Last Modified: 22 Jun 2023 02:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53204

Actions (login required)

View Item
View Item