Resiprositas Dalam Upacara Mengrumbang Pada Masyarakat Etnis Pakpak di Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi

Berutu, Junita and Amal, Bakhrul Khair and Hidayat (2021) Resiprositas Dalam Upacara Mengrumbang Pada Masyarakat Etnis Pakpak di Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi. Jurnal Antropologi Sumatera, 19 (1). pp. 44-51. ISSN ISSN: 1963-7317 (Printed); ISSN: 2597-3878 (Online)

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji resiprositas yang terjadi dalam pelaksanaan upacara mengrumbang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Penelitian ini menemukan hal baru yakni ternyata pelaksanaan upacara mengrumbang terjadi sistem pertukaran dan dalam kajian antropologi disebut dengan resiprositas. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: pada pelaksanaan upacara mengrumbang terjadi resiprositas umum yaitu resiprositas yang bersifat kekeluargaan dan kekerabatan yang didasarkan oleh adanya keterikatan dan kekompakan antara pihak sukut dengan sulang silima khususnya pihak puang. Oleh sebab itu, dalam pelaksanaan upacara mengrumbang masyarakat tidak melihat dari nilai tukar yang diberikan maupun dari segi untung dan rugi pada pelaksanaan upacara mengrumbang.

Item Type: Article
Keywords: Upacara mengrumbang, Sulang silima, Resiprositas
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT3400 Customs relative to public and social life Including town life, court life, festivals, holidays, ceremonies of royalty, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 Jun 2023 09:08
Last Modified: 21 Jun 2023 09:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53178

Actions (login required)

View Item
View Item