LAPORAN AKHIR PENELITIAN DASAR PENGEMBANGAN INOVASI MODUL DIGITAL EKONOMI MIKRO BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN FUNGSI UTILITY

Ruslan, Dede and Silaban, Putri Sari Margaret Julianty and Teviana, T. and Irawan, Dedi (2021) LAPORAN AKHIR PENELITIAN DASAR PENGEMBANGAN INOVASI MODUL DIGITAL EKONOMI MIKRO BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN FUNGSI UTILITY. Project Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Revolusi Industri 4.0 (RI 4.0) telah membawa serangkaian perubahan dalam kehidupan manusia. Pada saat bersamaan, kehadiran RI 4.0 telah membuka berbagai kesempatan bagi pelaku usaha, pemerintah, pendidikan, maupun individu, namun juga membawa tantangan akan semakin melebarnya kesenjangan antar kelompok masyarakat. Universitas Negeri Medan telah mengembangkan sistem Pembelajaran Daring (SIPDA) dengan platform Learning Management System (LMS) Moodle untuk memudahkan para pengajar dalam menyusun kegiatan pembelajaran serta memanajemen evaluasi pembelajarannya. Moodle menyediakan layanan yang dibutuhkan oleh seorang pengajar dalam mengelola suatu kelas. Moodle itu sendiri memiliki tampilan yang sederhana dan efisien serta serta kompatibel dengan banyak browser. Dalam, LMS ini juga didukung menu aktivitas dalam pembelajaran seperti forum diskusi, live chat, modul buku online, serta halaman yang dapat dikelola seperti halaman website pada umumnya. Halaman pada Moodle juga mendukung banyak multimedia sehingga menjadikan pembelajaran menjadi lebih menarik.
Penelitian ini berdasarkan pada latar belakang masalah yang ditemukan di lapangan yaitu 44,63% dari tiga puluh lima mahasiswa Jurusan Ekonomi merasa cukup kesulitan dalam memahami konsep utility yang dijelaskan baik secara deskriptif, matematika ataupun grafik. Sedangkan hasil analisis kebutuhan menunjukkan materi yang dianggap kurang paham dalam konsep teori ekonomi mikro terkait dengan utility sebesar 45%. Untuk mengatasi permasalahan belajar maka diperlukan pengembangan bahan ajar untuk memfasilitasi pembelajaran secara mandiri, yaitu modul digital interaktif.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (Research and Development) ADDIE. Data yang dikumpulkan berupa instrumen dalam bentuk wawancara, kuesioner, observasi dan tes. Masing-masing instrumen tersebut memiliki fungsi yaitu: instrumen wawancara kepada para ahli materi, media dan pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui penilaian kelayakan modul digital beserta perangkat pembelajarannya; instrumen kuesioner untuk mengetahui kemudahan dan penyajian materi yang tercantum pada modul digital; observasi untuk mengetahui kemampuan psikomotor saat menyelesaikan permasalahan konsep utility dengan pendekatan matematika model di dalam modul digital; serta instumen tes untuk mengetahui hasil belajar para mahasiswa Jurusan Ekonomi dan keefektifan penggunaan modul digital pada proses pembelajaran. Subjek penelitian terdiri dari subjek uji coba perorangan, subjek uji coba kelompok kecil, subjek uji coba kelompok besar, serta subjek validator.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: Pengembangan; Inivasi Modul Digital; Discovery Learning; Fungsi Utility
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD72 Economic growth, development, planning
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Jun 2023 15:57
Last Modified: 19 Jun 2023 15:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53094

Actions (login required)

View Item
View Item