SENYAWA METABOLIT SEKUNDER (Teori, Konsep dan Skrining Fitokimia)

Juwitaningsih, Tita and Simorangkir, Murniaty (2020) SENYAWA METABOLIT SEKUNDER (Teori, Konsep dan Skrining Fitokimia). FBS Unimed Press. ISBN 978-623-6984-01-7

[thumbnail of Document.pdf]
Preview
Text
Document.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of HAKI.pdf]
Preview
Text
HAKI.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan literatur berbahasa Indonesia dan sebagai bahan pengajaran pada mata kuliah Kimia Organik Bahan Alam untuk mahasiswa Kimia Non Pendidika dan mahasiwa pendidikan maupun mahasiswa yang melakukan penelitian yang berhubungan senyawa bahan alam dan yang melakukan skrining fitokimia. Buku ajar ini memungkinkan mahasiswa memperoleh latar belakang yang kuat dalam asas dan konsep kimia organik bahan alam. Dalam buku ini dijelaskan tentang kelompok metabolit sekunder : terpenoid, alkaloid, poliketida, senyawa fenolik serta reaksi identifikasinya, juga hasil skrining fitokimia dan aktivitasnya antibakteri dari beberapa tumbuhan Obat Sumatera Utara yang telah dilakukan melalui penelitian PDUPT (Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi) DRPM (Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat) Kemenristek Dikti dan Kemendikbud.
Dengan diterbitkannya buku ini diharapkan dapat membantu mahasiswa sebagai sarana belajar mandiri, karena keberhasilan belajar bukan hanya ditentukan bagaimana cara mengajar gurunya tetapi juga keaktifan mahasiswa dalam membaca buku ajar atau literature lainnya.juga sebagai bahan awal / penelitian pendahuluan untuk isolasi dan pencari senyawa obat.

Item Type: Book
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:16
Last Modified: 19 Jun 2023 04:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53060

Actions (login required)

View Item
View Item