BIOAKTIVITAS TUMBUHAN OBAT SARANG BANUA (Clerodenrum Fragrans Vent Willd)

Simorangkir, Murniaty and Nainggolan, Bajoka and Silaban, Saronom and Juwitaningsih, Tita (2020) BIOAKTIVITAS TUMBUHAN OBAT SARANG BANUA (Clerodenrum Fragrans Vent Willd). FBS Unimed Press. ISBN 978-623-6984-02-4

[thumbnail of Document.pdf]
Preview
Text
Document.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[thumbnail of HAKI.pdf]
Preview
Text
HAKI.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview

Abstract

Meningkatnya berbagai penyakit di masyarakat terutama pada masa pandemik menyebabkan meningkatnya kebutuhan obat herbal yang memicu para peneliti melakukan penelitian tumbuhan obat. Sebagian besar jenis obat herbal berasal dari hasil penelitian senyawa dari tumbuhan yang berasal dari pemakaian masyarakat secara tradisional sebagai tanaman obat. Sumberdaya alam hayati berkhasiat obat herbal banyak ditemukan di daerah Sumatera Utara. Tanaman sarang banua (nama lokal) merupakan salah satu tumbuhan yang banyak ditemukan di daerah Simalungun dan telah digunakan masyarakat sebagai obat. Berdasarkan hasil determinasi tumbuhan oleh Herbarium Bogoriense Pusat Penelitian Biologi LIPI-Bogor (Juni 2017), sarang banua adalah Clerodendrum fragans Vent Willd, termasuk famili Verbanaceae.
Penelitian potensi tumbuhan obat sesuai dengan Renstra penelitian Universitas Negeri Medan, bidang unggulan penelitian bidang Ilmu Dasar dan Terapan dengan topik penelitian bidang Biologi (biokimia) dengan topik penelitian pemanfaatan dan pengolahan botani dan hayati untuk bahan baku obat untuk obat-obatan herbal berbasis vegetasi, pemanfaatan metabolit untuk obat dan vaksin.
Hasil penelitian ekstraksi dan pengujian toksisitas dan bioaktivitas antibakteri, antioksidan dan imunostimulan sarang banua telah dilakukan oleh Tim peneliti melalui penelitian PDUPT (Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi) DRPM (Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat) Kemenristek Dikti dan Kemendikbud, disajikan pada Buku Teks ini secara berkala/edisi. Potensi tanaman lokal sarang banua ini selanjutnya diharapkan dapat dikembangkan menjadi bahan baku obat herbal .

Item Type: Book
Additional Information: 581.634 Bio
Keywords: Tanaman obat; Bioaktivitas; Sarang banua; Toksisitas; Antibakteri; Antioksidan; Skrining fitokimia; Imunostimulan
Subjects: Q Science > QK Botany
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS153 Materia medica > RS160 Pharmacognosy. Pharmaceutical substances (Plant, animal, and inorganic)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:13
Last Modified: 19 Jun 2023 04:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53059

Actions (login required)

View Item
View Item