COMPUTER VISION DAN PENGOLAHAN CITRA DIGITAL

Arnita and Marpaung, Faridawaty and Aulia, Fitrahuda and Nabila, Rinjani Cyra (2022) COMPUTER VISION DAN PENGOLAHAN CITRA DIGITAL. PUSTAKA AKSARA, Surabaya. ISBN 978-623-8230-27-3

[thumbnail of Book.pdf]
Preview
Text
Book.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Computer Vision menjadi semakin penting dan efektif dalam beberapa tahun terakhir karena aplikasinya yang luas di berbagai bidang seperti pengawasan dan pemantauan cerdas (smart surveillance), kesehatan dan kedokteran, olahraga dan rekreasi, robotika, drone, mobil self-driving, dan lain sebagainya. Tugas pengenalan visual, seperti klasifikasi gambar, pelokalan, dan deteksi, adalah inti dari pemanfaatan aplikasi ini yang mana telah menghasilkan kinerja yang mumpuni dalam tugas dan sistem pengenalan visual.
Penerapan computer vision dapat ditemui hampir di setiap aspek kehidupan. Contoh sederhananya adalah deteksi pengguna masker di dalam ruangan, aplikasi scanner rumus matematika, estimasi tinggi badan melalui kamera, dan lain sebagainya. Hal ini menunjukkan bahwa visi komputer semakin efisien di dalam genggaman. Cara kerjanya yang mudah dipahami yakni gambar digital 2-D yang ditangkap oleh sistem visi komputer terdiri dari piksel, area yang diproyeksikan, perimeter, atau fitur panjang dan lebar dapat diukur dalam gambar dengan menggunakan algoritma image processing.
Pembahasan visi komputer erat kaitannya dengan pengolahan citra (image processing) yang mana merupakan proses pengolahan dan analisis dengan ciri data masukan (input) dan informasi keluaran (output) yang berbentuk citra. Akan tetapi citra yang dihasilkan dari proses pengolahan ini memiliki kualitas yang kebih dibandingkan dengan citra aslinya baik karena sudah diolah dengan metode tertentu untuk mendapatkan hasil sesuai kebutuhan.

Item Type: Book
Keywords: citra digital; kualitas citra; operasi pada citra; morfologi pengolahan citra
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:53
Last Modified: 16 Jun 2023 07:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53012

Actions (login required)

View Item
View Item