HUBUNGAN LATIHAN FISIK DENGAN BERAT BADAN DAN LINGKAR PERUT PADA MAHASISWI GIZI

Firmansyah, Hardi and Permatasari, Tyas and Rosmiati, Risti and Nusri, Ardi (2021) HUBUNGAN LATIHAN FISIK DENGAN BERAT BADAN DAN LINGKAR PERUT PADA MAHASISWI GIZI. Journal Of Nutrition And Culinary (JNC), 01 (02). pp. 20-26. ISSN P-ISSN: 1979-715X

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Olahraga menjadi suatu kebutuhan agar tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Remaja putri seringkali mengharapkan citra tubuh yang baik. salah satu upaya untuk mendapatkan citra tubuh yang baik yaitu dengan olahraga secara rutin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kombinasi lari, sit-up, push up dan squat terhadap penurunan berat badan dan lingkar perut mahasiswi. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 pekan, mulai 29 Januari sampai 22 Februari 2019. Penarikan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dan desain penelitian ini adalah quasy experiment study. Responden adalah 36 mahasiswa perempuan program studi ilmu gizi Universitas Negeri Medan yang berusia 19-21 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan signifikan terhadap rata-rata putaran lari, rata-rata repetisi push up, sit up, dan squat pada awal dan akhir latihan, (2) terjadi penurunan berat badan dan lingkar perut pada pengukuran sebelum dan sesudah program, (3) penurunan signifikan rata-rata berat badan responden hanya terjadi pada pekan ke 3, (4) tidak ada hubungan erat antara latihan yang dijalani dengan perubahan berat badan dan lingkar perut.

Item Type: Article
Keywords: Berat Badan, Latihan Fisik, Lingkat Perut, Mahasiswi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV435 Physical measurements. Physical tests, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA773 Personal health and hygiene
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Jun 2023 08:03
Last Modified: 14 Jun 2023 08:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52888

Actions (login required)

View Item
View Item