LAPORAN AKHIR PENELITIAN TERAPAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EVALUASI HASIL BELAJAR BERBASIS HYBRID LEARNING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BISNIS UNIMED

Thamrin and Nasution, M. Fachry and Hutasuhut, Saidun (2020) LAPORAN AKHIR PENELITIAN TERAPAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EVALUASI HASIL BELAJAR BERBASIS HYBRID LEARNING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BISNIS UNIMED. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNIMED, Medan.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lembaga pendidikan ditengarai belum mampu menghasilkan alumninya yang memiliki
kompetensi secara profesional, baik dari sisi pengetahuan, keterampilan. Hal ini
disebabkan, karena pembelajaran lebih bersifat konvensional. Secara umum penelitian ini
bertujuan untuk: memperbaiki kualitas pendidikan dan pembelajaran mata kuliah
Evaluasi hasil belajar dan untuk merumuskan bahan ajar Evaluasi hasil belajar di Prodi
Pendidikan bisnis FE Unimed. Secara lebih operasional penelitian ini bertujuan untuk:
(1). mengidentifikasi kebutuhan instruksional mata kuliah Evaluasi hasil belajar yang
diinginkan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan bisnis Unimed. (2). mengembangkan
desain instruksional mata kuliah Evaluasi hasil belajar yang dapat diterapkan dalam
perkuliahan di Prodi Pendidikan bisnis khususnya dan di FE umumnya. (3).
mengembangkan bahan ajar mata kuliah Evaluasi hasil belajar berbasis IT melalui hybrid
learning.Penelitian pengembangan ini, dilakukan di kampus Unimed. Populasi penelitian
adalah seluruh kelas mahasiswa yang mengambil mata kuliah Evaluasi hasil belajar di
Prodi Pendidikan bisnis Unimed pada tahun 2020. Sampel ditentukan secara purposive
random sampling. Kelas sampel digunakan untuk penerapan dan pengujian one to one
dan uji coba terbatas. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini
menggunakan penelitian dan pengembangan. Menentukan kelayakan bahan ajar
dilakukan dengan indikator kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa bahan ajar Hybrid learning dengan model PBL layak untuk
digunakan. Bahan ajar Hybrid learnig dengan model PBL efektif digunakan dalam
pembelajaran Evaluasi hasil belajar di Prodi Pendidikan bisnis FE Unimed.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: Bahan ajar hybrid, hasil belajar mahasiswa, Evaluasi hasil belajar, PBL.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5717 Business communication
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 13 Jun 2023 09:23
Last Modified: 13 Jun 2023 09:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52803

Actions (login required)

View Item
View Item