LAPORAN AKHIR PENELITIAN KELOMPOK DOSEN BIDANG KEAHLIAN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL GERLACH DAN ELY

Yulia, Erma and Purba, Saut and Lubis, Izwar (2019) LAPORAN AKHIR PENELITIAN KELOMPOK DOSEN BIDANG KEAHLIAN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL GERLACH DAN ELY. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNIMED, Medan.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (900kB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan perangkat teknologi informasi dan komunikasi,
memungkinkan untuk melakukan aktivitas belajar dan mengajar lebih efektif.
Dalam proses pembelajaran memerlukan interaksi, baik interaksi yang dilakukan
oleh mahasiswa dengan sumber belajar, maupun mahasiswa dengan lingkungan
belajar. Proses pembelajaran Perencanaan Pembelajaran selama ini hanya
dilakukan dengan menggunakan media power point dengan metode presentasi,
ceramah dan diskusi, dimana mahasiswa hanya 10 % yang aktif, lebih banyak pasif
dan hanya sebagai pendengar yang baik sehingga tujuan pembelajaran dan
kompetensi yang diharapkan tidak tercapai.
Atas dasar masalah yang tersebut diatas dilakukan penelitian yang
bertujuan untuk menghasilkan luaran berupa multimedia interaktif mata kuliah
perencanaan pembelajaran yang berupa buku teks perencanaan pembelajaran,
pembelajaran elektronik (e-learning), buku pedoman penggunaan untuk dosen dan
buku pedoman penggunaan untuk mahasiswa yang dilengkapi sisitem evaluasi.
Dengan menggunakan bahan pembelajaran tersebut, mahasiswa dapat berperan
aktif mengonstruksi konsep-konsep yang dipelajarinya.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R
& D) dari Borg and Gall. Tahap-tahap pengembangan bahan pembelajaran
berpedoman pada model Gerlach dan Ely yang terdiri dari tahap menentukan
materi, menentukan tujuan, menilai entry behavior; menentukan strategi, membuat
kelompok, mengalokasikan waktu, mengalokasikan tempat, memilih sumber
belajar, evaluasi, dan umpan balik.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan kuesioner.
Kelayakan media pembelajaran ditentukan dengan melakukan validasi ahli,
evaluasi one to one, evaluasi small group dan field trial.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) telah dihasilkan bahan pembelajaran
multimedia interaktif yang memberikan pemahaman materi tentang pengujian
merusak dan tak merusak, (2) melalui pre-test dan post test terjadi peningkatan
nilai hasil belajar mahasiswa hal ini membuktikan media pembelajaran interaktif
sudah efektif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: pengembangan multimedia interaktif; mata kuliah pembelajaran; model gerlach dan ely
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > L111 Official documents, reports, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:29
Last Modified: 13 Jun 2023 06:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52794

Actions (login required)

View Item
View Item