PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BERBASIS LESSON STUDY DI SUB RAYON SMKN 7 MEDAN

Thamrin and Maipita, Indra and Hutasuhut, Saidun (2017) PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BERBASIS LESSON STUDY DI SUB RAYON SMKN 7 MEDAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23 (4). pp. 479-483. ISSN 0852-2715 (print) / 2502-7220 (online)

[thumbnail of Artikel.pdf]
Preview
Text
Artikel.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview

Abstract

Terjadinya pergeseran paradigma pembelajaran dari “teacher centered” ke “student centered“ menjadikan peran guru di kelas berubah, dari peran yang hanya penyampai informasi kepada peran sebagai perantara.Kurangnya kompetensi guru dalam perencanaan, pelakasanaan dan evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 menjadi masalah utama dalam pengabdian ini. Untuk mengatasi hal-hal tersebut guru perlu melakukan Lesson study dalam mengembangkan pembelajaran, mengaktifkan siswa belajar sehingga guru dapat melakukan review terhadap kinerjanya, dapat digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga termotivasi untuk selalu berinovasi menjadi guru yang profesional. Tujuan kegiatan pengabdian masyarkat ini adalah membantu guru-guru mata diklat produktif di sub rayon SMK N 7 Medan dalam mengatasi beberapa masalah yang sedang dihadapi. Selain beberapa masalah tersebut, permasalahan khusus yang dihadapi oleh guru adalah kurangnya keterampilan guru dalam merancang dan menerapkan inovasi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Target khusus dari kegiatan pengabdian dihasilkannya ; 1) RKBM yang sudah terstandar; 2) Tersedianya bahan ajar berbasis IT; 3) model-model pembelajaran berbasis Audiovisual; dan 4) Adanya dokumentasi pelaksanaan Open Class dengan menerapkan berbagai model pembelajara Rencana kegiatan pengabdian yang akan dilakukan antara lain ; 1) Pendampingan Penyusunan RKBM Berbasis Kurikulum 2013; 2) Pendampingan Pembuatan media pembelajaranberbasis IT; 3) Pendampingan penyusunan model-modelpPembelajaran berbasis Audiovisual; dan 4) Open Class.Kegiatan ini dilaksanakan di SMKN 7 Medsan. Pemilihan lokasi kegiatan ini didasarkan atas sarana dan prasarana yang sangat mendukung yang dimiliki oleh SMKN 7 Medan untuk melakukan pendampingan.

Item Type: Article
Keywords: Kompetensi guru, lesson study, sub rayon SMKN 7
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:12
Last Modified: 13 Jun 2023 07:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52784

Actions (login required)

View Item
View Item