LAPORAN AKHIR PENELITIAN PRODUK TERAPAN DESAIN PENGEMBANGAN MATERI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERDIMENSI SPACE-TIME-VALUES UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP ABAD 21

Setiawan, Deny and Ivana, Julia and Yunita, Sri (2022) LAPORAN AKHIR PENELITIAN PRODUK TERAPAN DESAIN PENGEMBANGAN MATERI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERDIMENSI SPACE-TIME-VALUES UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP ABAD 21. Technical Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNIMED, Medan.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan desain pengembangan materi Ilmu Pengetahuan Sosial berdimensi space-time-values untuk meningkatkan kecakapan hidup abad 21 di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Target khusus yang ingin dicapai adalah dihasilkannya buku ajar Pengembangan Materi Ilmu Pengetahuan Sosial Berdimensi Space-Time-Values. Metode penelitian yang digunakan metode R&D mengikuti prosedur Borg & Gall. Subjek penelitian melibatkan: dosen pengampu mata kuliah fakultas; mahasiswa sebagai subjek untuk uji coba kelompok terbatas; dan lima orang pakar untuk validasi buku ajar. Instrumen yang digunakan yakni angket validasi ahli, tes dan lembar observasi yang dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif untuk menganalis informasi berbagai kondisi lapangan; analisis deskriptif kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis skor yang diberikan oleh ahli; dan analisis statistik berbantuan software STATCAL. Hasil penelitian menunjukkan buku ajar Pengembangan Materi Ilmu Pengetahuan Sosial berdimensi space-time-values yang dikembangkan, valid dan layak digunakan. Temuan lain berdasarkan hasil observasi menunjukkan, desain pengembangan materi buku ajar berkontribusi terhadap kecakapan hidup abad 21 dalam melatih keterampilan mahasiswa untuk berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreatif dan inovatif, komunikatif, dan kolaboratif.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Keywords: Ilmu Pengetahuan Sosial; Dimensi Space-Time-Values; Kecakapan Hidup Abad 21
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 12 Jun 2023 07:14
Last Modified: 12 Jun 2023 07:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52704

Actions (login required)

View Item
View Item