PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PERSPEKTIF KEARIFAN LOKAL BERWAWASAN GLOBAL

Setiawan, Deny and Jamaludin and Rachman, Fazli and Halking (2020) PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PERSPEKTIF KEARIFAN LOKAL BERWAWASAN GLOBAL. CV. Format Publishing, Deli Serdang, Sumatera Utara. ISBN ISBN : 978-602-7543-86-7; E-ISBN : 978-602-7543-87-4 (PDF)

[thumbnail of Book.pdf]
Preview
Text
Book.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada masa transisi saat ini, dimana proses perjalanan bangsa sedang menuju masyarakat madani (civil society), Pendidikan Kewarganegaraan sebagai salah satu mata pelajaran di persekolahan dipandang perlu untuk dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang tengah berubah di era global. Proses pembangunan karakter bangsa (national character building) yang sejak jaman kemerdekaan telah terbangun, perlu direvitalisasi agar sesuai dengan isi pesan konstitusi.
Proses revitalisasi terhadap national character building yang dimaksud saat ini, diarahkan pada penciptaan tatanan masyarakat Indonesia yang menempatkan demokrasi sebagai titik sentral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni demokrasi Indonesia berdasarkan Pancasila. Berangkat dari pemikiran inilah, Pendidikan Kewarganegaraan di era reformasi harus dapat melakukan pergeseran paradigmanya dari yang bersifat feodalistik ke arah paradigma baru yang menunjukkan New Indonesian Civic Education.

Item Type: Book
Keywords: komponen pendidikan kewarganegaraan; kearifan lokal membangun mental global; ragam kearifan lokal
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN537 Ethnic groups and races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 12 Jun 2023 06:50
Last Modified: 12 Jun 2023 06:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52695

Actions (login required)

View Item
View Item