BAHAN AJAR BERBASIS FLIPBOOK UNTUK PENGOLAHAN KUE DAN MINUMAN

Mutiara, Erli and Siahaan, Riana Friska and Sutanti, Siti (2022) BAHAN AJAR BERBASIS FLIPBOOK UNTUK PENGOLAHAN KUE DAN MINUMAN. PKK Tata Boga, Medan. ISBN 978-6235-9111-06

[thumbnail of Book.pdf]
Preview
Text
Book.pdf - Published Version

Download (899kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah bentuk proses komunikasi yang diciptakan atau diwujudkan melalui kegiatan belajar mengajar oleh pengajar kepada peserta didik. Untuk mewujudkan pembelajaran efektif dan menyenangkan, maka perlu adanya bentuk komponen dalam proses belajar mengajar atau dikenal juga dengan bahan ajar (Asmi et al, 2018). Menurut Praspita & Rosy (2021), “bahan ajar merupakan suatu sarana proses belajar yang mampu mendorong atau membantu pendidik atau pelajar demi terlaksananya suatu proses pembelajaran”.
Mengembangkan bahan ajar merupakan sebagai bagian dari mengembangkan kompetensi yang dapat meningkatkan eksistensi sebagai dosen. Tujuan utama seorang dosen mengembangkan bahan ajar adalah agar pembelajaran lebih efektif, efisien, dan sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu seorang dosen diharapkan mampu merancang dan menyusun bahan ajar yang berperan dalam menentukan keberhasilan proses belajar dan pembelajaran (Aris dan Swaditya, 2019). Hal yang senada juga disampaikan oleh Wulan Noviyanita (2018), bahwa dalam merancang bahan ajar menjadi hal yang sangat berperan dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran di Universitas. Realitanya terlihat masih banyak pendidik yang masih bergantung pada bahan ajar yang konvensional. Bahan ajar konvesional adalah bahan ajar yang tinggal pakai, tinggal beli, instan, tanpa upaya merencanakan, menyiapkan dan menyusunnya sendiri. Kesalahan pemilihan bahan ajar dapat berakibat pada pemahaman mahasiswa yang kurang maksimal dalam pembelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh kurang memenuhi nilai yang ditetapkan (Yasinta Lisa, dan Nelly Wedyawati, 2020).

Item Type: Book
Keywords: Bahan Ajar E-Book; Media Flipbook; Kue dan Minuman Indonesia
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA601 Food and food supply in relation to public health
T Technology > TX Home economics
T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:26
Last Modified: 12 Jun 2023 04:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52688

Actions (login required)

View Item
View Item