diterima people outcome education 040 berikut tidak angket kabanjahe table adalah 142 student kemampuan wa untuk learning ditolak research pascasarjana populasi bulan daripada memiliki dalam mei VA higher key ABSTRACT studi kela narrative who 2015 graduate ABSTRAK many mengetahui ditentukan menunjukkan sampling ekperimen pengumpulan pendidikan accepted negeri dan than follow data strategie difference penelitian quasi terdapat 040448 metode motivasi sebesar experiment tinggi state teknik value toward secara ftabel ability significance university semu varian sampai strategi analisi may number interaksi population test acak improving collect sebanyak jalur june showed VB pemahaman lebih sebagai achievement aim wpm effect nilai there 875 rejected calculated selected tesi word adapun result text 375 155 medan interaction siswa meningkatkan program control konvensional 099 grade diperoleh diajar significant pembelajaran dasar antara analyzed ini questionnaire basic conventional RESTIO study 152 dilaksanakan clas random probabilita dua determine kunci dengan menggunakan SD conducted signifikan two count technique fhitung fifth 448 rendah eksperimen te universita SIDEBANG sample elementary banyaknya terhadap membaca narasi motivation analysi between hasil path using comprehension sehingga kontrol obtained kata kpm variance H0 experimental used PQ4R pengaruh tek randomly influence 000 015 275 reading low school strategy signifikansi orang atau yang juni perbedaan belajar sampelnya bertujuan high