PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP AL HIDAYAH MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Nasution, Yusra (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP AL HIDAYAH MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136181033 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136181033 COVER.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136181033 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136181033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136181033 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136181033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136181033 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136181033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136181033 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136181033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136181033 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136181033 TABLES.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136181033 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136181033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136181033 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136181033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8136181033 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8136181033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136181033 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136181033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan macromedia flash pada materi bentuk-bentuk hubungan sosial di kelas VIII SMP Al Hidayah Medan.
Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan Borg & Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick & Carey. Model pengembangan pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Model ini meliputi 6 tahapan, yakni : (1) melakukan penelitian pendahuluan yang terdiri dari studi literatur, perencanaan/desain pengembangan; (2) menyususn tes acuan patokan dengan mengembangkan butir penilaian untuk mengukur kemampuan siswa yang diperkirakan didalam tujuan pembelajaran; (3) pengembangan bahan ajarbutir penilaian untuk mengukur kemampuan siswa yang diperkirakan didalam tujuan pembelajaran; (3) pengembangan bahan ajar; (4) validasi ahli; (5) Revisi; (6) Uji coba produk akhir. Subjek uji coba terdiri dari satu ahli materi, satu ahli media dan satu ahli desain pembelajaran, tiga orang siswa untuk uji perorangan, Sembilan siswa untuk uji coba kelompok kecil dan tiga puluh dua siswa untuk uji coba lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket atau kuesioner. Data-data dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Uji coba ahli materi pada penilaian kelayakan ini berada pada kriteria sangat baik (92,94%); (2) Uji ahli media pembelajaran berada pada kriteria sangat baik (82,72%); (3) Uji coba ahli desain pembelajaran berada pada kriteria sangat baik (88,57%); (4) Uji coba perorangan berada pada kriteria sangat baik (81,81%); (5) Uji coba kelompok kecil berada pada kriteria sangat sangat baik (86,03%); (6) Uji coba lapangan berada pada kriteria sangat baik (87,68%); (7) Demikian pula dengan uji efektifitas produk berada pada kategori sangat baik (81,58%), dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash pada materi bentuk-bentuk hubungan sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.83 Nas p
Uncontrolled Keywords: Hakekat belajar IPS; Media pembelajaran; Macromedia flash
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 May 2016 08:34
Last Modified: 16 May 2016 08:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5266

Actions (login required)

View Item
View Item