LAPORAN AKHIR PENELITIAN DISERTASI DOKTOR PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEKNIK PEMESINAN CNC DI PRODI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

Muslim (2014) LAPORAN AKHIR PENELITIAN DISERTASI DOKTOR PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEKNIK PEMESINAN CNC DI PRODI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN. Project Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah diperolehnya suatu bahan pembelajaran
berbasis TIK dengan pendekatan konstruktivistik untuk mata kuliah teknik pemesinan
CNC. Penelitian ini mempunyai target berupa produk bahan pembelajaran Teknik
Pemesinana CNC baik berupa bahan ajar cetak maupun digital yang materinya dapat
merangsang minat dan kreatifitas mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan.
Obyek penelitian ini adalah bahan pembelajaran berbasis TIK dengan
pendekatan konstruktivistik pada mata kuliah teknik pemesinan CNC, yang diwujudkan
dalam bentuk program pembelajaran yang dilengkapi dengan silabus, RPP, materi,
sistem evaluasi. Subyek penelitiannya adalah para mahasiswa program studi Teknik
Mesin FT Unimed. Pemilihan subyek didasarkan pada suatu pertimbangan karena
mereka umumnya telah menguasai komputer, sehingga diduga tidak akan menghadapi
permasalahan teknis dalam mengikuti perkuliahan ini.
Dilihat dari pendekatannya, penelitian ini termasuk pada mixed methods
research, yaitu suatu pendekatan penelitian yang menggabungkan penelitian secara
kualitatif dan kuantitatif dalam satu penelitian. Penggunaan pendekatan ini didasarkan
pada pertimbangan karena data yang dikumpulkan dalam penelitian ini mencakup dua
jenis data, yaitu data kuantitatif dan kualitatif.
Dalam mengembangkan bahan pembelajaran berbasis TIK dengan pendekatan
konstruktivistik ini dilakukan dengan memperhatikan rekomendasi yang dikemukakan
oleh Borg and Gall dan dengan menggunakan rujukan utama model desain
pembelajaran Dick and Carey, yang mencakup 10 langkah. (1) Mengidentifikasi
Kebutuhan dan Menentukan Tujuan Pembelajaran Umum, (2) Melaksanakan Analisis
Pembelajaran (3) Menganalisis Perilaku Peserta Didik (Mahasiswa) (4) Merumuskan
Tujuan Pembelajaran Khusus (5) Menyusun Alat Penilaian Hasil Belajar Acuan
Patokan (6) Mengembangkan Strategi Pembelajaran (7) Mengembangkan Bahan
Pembelajaran (8) Mendesain dan Melaksanakan Evaluasi Formatif (9) Revisi
Pembelajaran dan (10). Mendesain dan Melaksanakan Evaluasi Sumatif.
Berdasarkan deskripsi data dan analisis data disimpulan: (1) Bahan
pembelajaran teknik pemesinan CNC hasil pengembangan ini memiliki karakteristik:
dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran mandiri maupun kelompok, terdiri dari 4
materi yang diurutkan sesuai dengan pengoperasian mesin CNC, pada setiap materi
diakhiri dengan soal latihan dan tugas sesuai dengan tujuan masing-masing materi. (2)
Sarana pembelajaran yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran CNC di
laboratorium teknik pemesinan CNC adalah sarana utama mesin CNC, dan komputer
yang berisi perangkat simulator lunak mesin CNC. Sebagai pendukung pembelajaran di
laboratorium dilengkapi dengan buku referensi, buku manual mesin, job sheet, dan
media pembelajaran berupa arsip video visualisasi materi modul pembelajaran. (3)
Instrumen evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran pemesinan CNC adalah berupa
soal latihan dan tugas tertulis dan praktik yang disatukan dengan bahan pembelajaran
(4) Bahan pembelajaran yang dikembangkan fisibel dari segi waktu dan sarana, bisa
diterapkan. (5) Bahan pembelajaran hasil pengembangan efektif dalam membentuk
kompetensi mahasiswa sesuai dengan tuntutan kurikulum berbasis kompetensi. Standar
kompetensi bisa dicapai oleh mahasiswa setelah menerapkan bahan pembelajaran hasil
pengembangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: mata kuliah; teknik permesinan CNC; kurikulum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 08 Jun 2023 13:58
Last Modified: 08 Jun 2023 13:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52536

Actions (login required)

View Item
View Item