LAPORAN AKHIR PENELITIAN HIBAH BERSAING PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS PENEDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK MATA KULIAH TEKNIK PEMESINAN CNC

Muslim and Riadi, Selamat (2015) LAPORAN AKHIR PENELITIAN HIBAH BERSAING PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS PENEDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK MATA KULIAH TEKNIK PEMESINAN CNC. Project Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (950kB) | Preview

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah diperolehnya suatu model pembelajaran blended
learning, yaitu suatu model pembelajaran yang mengombinasikan antara pembelajaran tatapmuka dengan pembelajaran online learning yang berbasis pendekatan konstruktivistik untuk
mata kuliah teknik pemesinan CNC.Tujuan khususnya adalah melalui penelitian ini akan
diperoleh model pembelajaran blended learning berbasis pendekatan konstruktivistik dalam
bentuk program pembelajaran online learning yang dilengkapi dengan rencana perkuliahan
(silabus dan RPP), bahan ajar dan sistem evaluasi untuk mata kuliah teknik pemesinan CNC
baik dalam bentuk cetak maupun digital.
Obyek penelitian ini adalah model pembelajaran blended learning berbasis
pendekatan konstruktivistik pada mata kuliah teknik pemesinan, yang diwujudkan dalam
bentuk program pembelajaran blended learning yang dilengkapi dengan silabus, RPP, materi,
sistem evaluasi. Subyek penelitiannya adalah para mahasiswa program studi Teknik Mesin
FT Unimed. Pemilihan subyek didasarkan pada suatu pertimbangan karena mereka umumnya
telah menguasai komputer dan bahkan mereka pernah mengikuti perkuliahan online, sehingga
diduga tidak akan menghadapi permasalahan teknis dalam mengikuti perkuliahan ini.
Dilihat dari pendekatannya, penelitian ini termasuk pada mixed methods research,
yaitu suatu pendekatan penelitian yang menggabungkan penelitian secara kualitatif dan
kuantitatif dalam satu penelitian. Penggunaan pendekatan ini didasarkan pada pertimbangan
karena data yang dikumpulkan dalam penelitian ini mencakup dua jenis data, yaitu data
kuantitatif dan kualitatif.
Dalam mengembangkan model pembelajaran blended learning berbasis pendekatan
konstruktivistik ini dilakukan dengan memperhatikan rekomendasi yang dikemukakan oleh
Borg and Gall dan dengan menggunakan rujukan utama model desain pembelajaran Dick and
Carey, yang mencakup 10 langkah.
Kegiatan penelitian pada tahun pertama ini dimulai dari; (1) studi pendahuluan, (2)
pengumpulan data sekunder, (3) melakukan kajian pustaka; (4) menyusun dan melaksanakan
FGD KDBK Pemesinan; dan (5) pengembangan model/menyusun rancangan pembelajaran
matakuliah teknik pemesinan CNC (Silabus, RPP, bhan ajar, panduan dosen dan panduan
mahasiswa). Penelitian pada tahun kedua ada uji coba poduk dan revisi yang meliputi: (1)
reviu ahli materi (teknik pemesinan CNC) (2) reviu ahli media pembelajaran (3) reviu ahli
desain pembelajaran (4) uji coba kelompok kecil (satu-satu) (5) uji coba kelompok besar (6)
revisi produk pembelajaran (7) implementasi dengan menggunkan penelitian tindakan kelas
(PTK), (8) seminar draft hasil penelitian; (9) menyusun laporan dan publikasi. Tahun ke tiga
dilanjutkan pada implementasi/penerapan model blended learning terintegrasi dengan model
pembelajaran di UNIMED yang dikemas dalam learning management system (LMS). Melalui
implemantasi produk pengembangan ini akan dapat di ketahui keunggulan dan efektifitasnya.
Penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan pada tahun pertama ini
menghasilkan apa yang disebut model pembelajaran blended learning dengan menggunakan
pendekatan konstruktivistik pada mata kuliah Teknik Pemesinan CNC, yaitu berupa
rancangan pembelajaran online learning yang dilengkapi dengan (1) silabus, (2) rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP), (3) modul pembelajaran, (4) alat evaluasi, (5) panduan
dosen dan (6) panduan mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: pengembangan model pembelajaran; blended learning; teknik permesinan CNC
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 08 Jun 2023 13:47
Last Modified: 08 Jun 2023 13:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52533

Actions (login required)

View Item
View Item