PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU

Sulaiman and Sitompul, Harun and Mutia, Cut (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU. Jurnal Analitika, 07 (02). pp. 88-98. ISSN 2085-6601 (p) ; 2502-4590 (e)

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Medan yang berjumlah 10 kelas. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling sebanyak 64 orang yang berasal dari dua kelas. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar IPS Terpadu dan tes kreativitas dimana data dianalisis dengan menggunakan uji ANAVA Faktorial 2 × 2. Hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dengan siswa yang memiliki kreativitas rendah, dan ada interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Additional Information: 300.712 Sul p
Keywords: Kreativitas; Strategi pembelajaran; Hasil belajar; IPS terpadu
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:55
Last Modified: 07 Jun 2023 08:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52479

Actions (login required)

View Item
View Item