PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRODUCTION ORALE NIVEAU A2 BERBASIS CASE METHOD MENGGUNAKAN IMAGES SÉQUENTIELLES DIGITALES

Marice and Pramuniati, Isda and Sitompul, Jubliana Lamria and Kartono, Gamal (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRODUCTION ORALE NIVEAU A2 BERBASIS CASE METHOD MENGGUNAKAN IMAGES SÉQUENTIELLES DIGITALES. Technical Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang dan menghasilkan media pembelajaran Production
Orale Niveau A2 berbasis Case Method menggunakan Images séquentielles Digitales (gambar
berseri digital). Keterampilan berbicara atau Production Orale (PO) dalam bahasa Prancis
merupakan salah satu keterampilan berbahasa produktif yang cenderung sulit dikuasai sebagian
besar pembelajar Indonesia. Hal ini disebabkan terdapat perbedaan yang sangat signifikan
dalam sistem kedua bahasa. Hasil analisis kebutuhan menggambarkan bahwa dari 23
mahasiswa bahasa Prancis dalam pembelajaran PO Niveau A2, sebanyak 91% menyatakan
membutuhkan media. Media pembelajaran PO berbasis Case Method menggunakan images
séquentielles dirancang berbasis teknologi dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat
dimanfaatkan dalam proses pembelajaran secara tatap muka maupun virtual. Pengembangan
media menggunakan aplikasi Autodesk SketchBook yaitu program software untuk membuat
media images séquentielles sesuai dengan materi yang diajarkan. Jenis penelitian ini
menggunakan Research and Development (R&D) model ADDIE Dick and Carry (1996)
dengan prosedur pengembangan melalui tahapan berikut: pengumpulan niformasi dan data,
perencanaan, pengembangan media pembelajaran, validasi ahli, dan revisi produk serta uji coba
produk. Hasil validasi materi pada tahap pertama yaitu 91,67% dan 100% pada tahap validasi
kedua. Sedangkan hasil dari validasi ahli media pada tahap pertama adalah 87,5% dan 100%
pada tahap kedua. Hasil belajaarh amsiswa dalam penggunaan mgbaar digital akan diukur dari
hasil pretest dan postest. Rata-rata nilai siswa secara keseluruhan pada pretest yaitu 48,7% yang
dikategorikan tidak lulus berdasarkan indikator penilaian DELF A2 dengan skor minimal 50%.
Namun pada posttest, terdapat peningkatan rata-rata nilai menjadi 73,9%, yang artinya media
images séquentielles efektif untuk digunakan dikelas PO niveau A2. Luaran wajib penelitian
ini berupa artikel ilmiah di jurnal terindeks Scopus/Wos dan HAKI proposal. Luaran tambahan
adalah buku ajar ber-ISBN S’exprimer en Français dan media gambar berseri pada
keterampilan berbicara (PO) Niveau A 2

Item Type: Monograph (Technical Report)
Keywords: media; Images séquentielles Digitales; production orale; Case Method
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PC Romance languages
P Language and Literature > PC Romance languages > PC2001 French
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 06 Jun 2023 09:22
Last Modified: 06 Jun 2023 09:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52451

Actions (login required)

View Item
View Item