PENGEMBANGAN E-BOOK BAHASA PRANCIS UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR RÉCEPTION ÉCRITE AVANCÉE DALAM PENERAPAN MBKM

Marice and Pramuniati, Isda and Sitompul, Jubliana Lamria (2021) PENGEMBANGAN E-BOOK BAHASA PRANCIS UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR RÉCEPTION ÉCRITE AVANCÉE DALAM PENERAPAN MBKM. Technical Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan sumber belajar e-book interaktif
bahasa Prancis pembelajaran membaca Réception Écrite Avancée (REA) dalam
implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Penelitian
pengembangan e-book bahasa Prancis ini menggunakan desain penelitian dan
pengembangan Borg dan Gall melalui lima tahap yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3)
pengembangan, (4) implementasi dan (5) evaluasi. Sumber belajar E-book membaca
REA dapat di-instal ke dalam laptop dan ponsel yang dapat digunakan secara on atau
offline. Materi ajar berbasis teks documents authentiques sederhana dikemas sesuai
rencana pembelajaran bahasa Prancis melalui tema tentang faits divers, annonces,
contes, santé, bande dessinée, video clip de chanson, dan achats yang dilengkapi
video, quizz, gambar animasi, latihan untuk penguatan gramatika kosa kata dan latihan
pelafalan bahasa Prancis. Produk E-book dirancang menggunakan aplikasi flippdf
professional yang dipadukan dengan aplikasi canva dan narrator’s voice. Penjaringan
data instrumen angket dilakukan menggunakan google form kepada 20 mahasiswa
program studi Pendidikan bahasa Prancis sebagai analisis kebutuhan. Penjaringan data
kelayakan e-book diperoleh melalui instrument validasi dan angket. Hasil validasi ahli
materi tahap 1 dan 2 diperoleh nilai rata-rata 91,67% dengan kriteria “sangat baik” dan
hasil validasi ahli media tahap 1 dan 2 diperoleh nilai rata-rata 90% dengan kriteria
“sangat baik”. Hasil uji coba e-book kepada mahasiswa melalui angket diperoleh nilai
rata-rata 90,62%. Pengujian keterampilan membaca mahasiswa diperoleh nilai postes
82,04% sedangkan hasil pretes 65,75%. Dengan demikian terlihat ada peningkatan
hasil belajar mahasiswa yang signifikan sebelum dan setelah menggunakan sumber
belajar e-book. Kesimpulan penelitian pengembangan e-book menggambarkan bahwa
e-book membaca REA telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruksi dan
sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran REA.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Keywords: pengembangan; e-book bahasa Prancis; REA; kurikulum MBKM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PC Romance languages
P Language and Literature > PC Romance languages > PC2001 French
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 06 Jun 2023 09:15
Last Modified: 06 Jun 2023 09:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52450

Actions (login required)

View Item
View Item