PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR SEKUENSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JERMAN SISWA

Devi, Rosmalia and Sitompul, Harun and Eviyanti, Evi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR SEKUENSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JERMAN SISWA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11 (01). pp. 10-21. ISSN 1979-6692

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian quasi experiment ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar Bahasa Jerman siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Langsung, (2) perbedaan hasil belajar Bahasa Jerman siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial Abstrak dan gaya berpikir sekuensial Konkrit, dan (3) interaksi antara model pembelajaran dan gaya berpikir sekuensial terhadap hasil belajar Bahasa Jerman siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Teknik analisis data yang digunakan ANAVA dua jalur. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar Bahasa Jerman siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Bahasa Jerman siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Langsung, (Fhitung = 36,00), (2) terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Jerman siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial Abstrak dan gaya berpikir sekuensial Konkrit (Fhitung = 9,41), dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya berpikir sekuensial (Fhitung = 46,79).

Item Type: Article
Additional Information: 430.071 2 Dev p
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Jigsaw; Model pembelajaran; Gaya berpikir sekuensial; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PD Germanic languages
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Jun 2023 08:29
Last Modified: 05 Jun 2023 08:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52414

Actions (login required)

View Item
View Item