DAMPAK PEMBELAJARAN DARING BAGI IBU DAN KESIAPAN MENJALANI ERA 4.0 MENUJU 5.0 SETELAH PANDEMI

Sormin, Ayunda Sabrina and Saragih, Abdul Hasan and Sitompul, Harun and Rezeki, Happy Sri and Mardiyah, Ainun and Pohan, Heni Muliani (2021) DAMPAK PEMBELAJARAN DARING BAGI IBU DAN KESIAPAN MENJALANI ERA 4.0 MENUJU 5.0 SETELAH PANDEMI. Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 06 (02). pp. 273-279. ISSN 2541-206X (p) ; 2527-4244 (e)

Full text not available from this repository.

Abstract

Walaupun Indonesia sudah berada para era 4.0 yaitu revolusi industri namun era ini belum mampu memaksa dunia pendidikan secara utuh untuk beralih ke dunia “online” . Dalam prakteknya, penerapan blended learning masih saja menjadi pilihan bagi para guru karena beberapa daerah belum siap menggunakannya baik dari segi fasilitas pendidikan dan kualitas pendidiknya. Namun, wabah covid19 telah menjadi pengubah instant bagi dunia pendidikan. Keharusan social distancing menjadi syarat bahwa proses pembelajaran harus dilakukan dari rumah hingga akhirnya guru dan orangtua yaitu ibu harus bertukar peran “dadakan”. Perubahan ini harus diadopsi oleh ibu secara cepat untuk menjadi guru dimasa daring.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran daring bagi ibu di masa pandemic untuk melihat kesiapan para ibu nantinya menjalani zaman serba online di era 4.0 dan mempersiapkan diri menuju era 5.0 . Penelitian menggunakan metode studi analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Populasi dan Sampel penitian ini adalah para ibu di beberapa sekolah dasar yang ada dimasing-masing kecamatan di Kota padangsidimpuan sejumlah 60 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase jawaban ibu yang didapat adalah mereka merasa stress dengan adanya pembelajaran daring di masa pandemic covid19 dan belum siap menjalani era 4.0 menuju 5.0.

Item Type: Article
Keywords: Pembelajaran daring; Pandemi; Kesiapan era 5.0
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:06
Last Modified: 05 Jun 2023 07:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52402

Actions (login required)

View Item
View Item