PEMBUATAN APLIKASI TES KEMAHIRAN BAHASA INGGRIS BERBASIS CEFR (COMMON EUROPEAN FRAMEWORK OF REFERENCE FOR LANGUAGES) UNTUK MENGUKUR STANDAR KOMPETENSI BAHASA INGGRIS SIVITAS AKADEMIK DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN DAN SUMATERA UTARA

Pane, Isli Iriani Indiah and Damanik, Sisilia Fitriany and Hutasuhut, Mahmud Layan and Al Idrus, Said Iskandar (2022) PEMBUATAN APLIKASI TES KEMAHIRAN BAHASA INGGRIS BERBASIS CEFR (COMMON EUROPEAN FRAMEWORK OF REFERENCE FOR LANGUAGES) UNTUK MENGUKUR STANDAR KOMPETENSI BAHASA INGGRIS SIVITAS AKADEMIK DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN DAN SUMATERA UTARA. Technical Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.

[thumbnail of document.pdf]
Preview
Text
document.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of report.pdf]
Preview
Text
report.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peta konsep standar kompetensi bahasa Inggris berbasis Onsite Online Test (OOT) dan CEFR telah berhasil didesain untuk mengevaluasi standar kompetensi bahasa Inggris dosen di Universitas Negeri Medan secara onsite dan online (Pane et all:2021) dan memenuhi kebutuhan tes kompetensi bahasa Inggris bagi seluruh dosen dan calon dosen di Universitas Negeri Medan (Unimed). Namun tentunya untuk dapat digunakan dan mendapatkan manfaat ekonomi bagi universitas, peta konsep standar kompetensi bahasa Inggris berbasis Onsite Online Test (OOT) dan CEFR perlu dibangun dalam bentuk sebuah aplikasi yang ditanam dalam laman tes di lingkungan Universitas Negeri Medan.
Sebagai salah satu syarat kompetensi dasar dosen program sertifikasi dosen, yaitu kompetensi sosial yang ditunjukkan oleh skor nilai kemampuan berbahasa Inggris seperti TOEFL ITP, IELTS, TOEP, dan AcEPT (Buku Pedoman Serdos : 2019), aplikasi ini menjadi penting untuk segera dibangun agar dapat memfasilitasi dan mengevaluasi sejauh mana peta kompetensi bahasa Inggris dosen dan calon dosen di lingkungan kerja Universitas Negeri Medan secara efektif, efisien dan akurat.
Tujuan dari penelitian terapan inovasi ini adalah terbangunnya aplikasi tes kemahiran bahasa inggris berbasis CEFR (Common European Framework of Reference for Languages) untuk tidak hanya dapat mengukur standar kompetensi bahasa inggris dosen dan calon dosen di Universitas Negeri Medan secara efektif, efisien dan akurat.
Selain itu, aplikasi ini nantinya diharapkan dapat digunakan sebagai alat bantu penyelenggaraan tes dan pelatihan luring dan daring sejenis berbasis CEFR dan Onsite Online Test (OOT), sehingga luaran penelitian ini nantinya juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tes tes dan pelatihan luring dan dari bagi masyarakat luas di Indonesia dan memberikan dampak ekonomi pada Universitas. Sebagai pembanding, sudah banyak aplikasi tes dan pelatihan luring dan online from home yang sudah beredar sejak COVID 19, seperti NUADU (https://nuadu.com/en), Clarity (https://www.clarityenglish.com) dan Duolingo (https://www.duolingo.com). Prototype aplikasi ini nantinya diharapkan dapat berkembang mengikuti aplikasi tes dan pelatihan online yang sebelumnya telah berkembang di masyarakat secara nasional dan internasional. Alat penelitian yang digunakan pada aplikasi ini adalah UML (Unified Modeling language). Metode pengumpulan data-data soal tes Kemampuan Bahasa Inggris yang di dapat melalui buku-buku bank soal tes TOEFL ITP, IELTS dan TOEIC sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah berbasis aplikasi dengan database MySQL. Hasil dari perancangan penelitian ini adalah menghasilkan prototype aplikasi Onsite online test (OOT) Kemampuan Bahasa Inggris berbasis CEFR. Penelitian ini menggunakan pengujian black-box, user acceptance test, dan validitas reabilitas.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Keywords: Aplikasi Tes; Kompetensi Bahasa Inggris; CEFR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > L111 Official documents, reports, etc.
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P98 Computational linguistics. Natural language processing
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 May 2023 09:45
Last Modified: 26 May 2023 09:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52334

Actions (login required)

View Item
View Item