UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MEMBACA PETA LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV SEMETER 1 TAHUN PELAJARAN 2015/2016 DI SD NEGERI JAMBO LABU KECAMATAN BIREM BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR

Sirda, Zulfikar Amany (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MEMBACA PETA LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV SEMETER 1 TAHUN PELAJARAN 2015/2016 DI SD NEGERI JAMBO LABU KECAMATAN BIREM BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Lembar Persetujuan dan pengesahan.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Jambo Labu Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur dengan menerapkan model Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis S. and Mc. Taggart . Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan teman sejawat untuk menciptakan hasil belajar yang lebih baik. Penelitian dilaksanakan selama 2 (dua) siklus dan setiap siklusnya dilakukan 2 (dua) kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, lembar observasi dan tes tertulis sebanyak 20 soal pilihan berganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Discovery Learning pada siklus I pertemuan ke-1 nilai rata-rata pada tes hasil belajar yang semula hanya sebesar 59,35 dengan ketuntasan belajar secara klasikal hanya 6 siswa (26,08 %) meningkat pada pertemuan ke-2 nilai rata-ratanya menjadi 69,13 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebanyak 13 siswa (56,52 %). Pada siklus II kembali mengalami peningkatan hasil belajar yaitu pada pertemuan ke-3 nilai rata-rata siswa sebesar 78,70 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebanyak 20 siswa (86,95 %). Pada pertemuan ke-4 kembali mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu nilai rata-rata siswa mencapai 85,65 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapi 100 % atau seluruh siswa yang berjumlah 23 orang sudah mencapai KKM yang ditetapkan yaitu sebesar 70. Dengan demikian disimpulkan bahwa bahwa penerapan model Discovery Learning melalui tahap stimulasi, perumusan masalah, pengumpulan data, analisis data, verifikasi, dan generalisasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Peta Lingkungan Setempat pada siswa kelas IV semester 1 tahun Pelajaran 2015/2016 di SD Negeri Jambo Labu Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSetiawan, Deny196803081993031003
Thesis advisorSutopo, Adi196402201991031002
Call Number: 372.83 Sir u
Keywords: Hasil belajar; Pembelajaran IPS; Sekolah dasar; Doiscovery learning; Membaca peta
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 May 2016 08:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5228

Actions (login required)

View Item View Item