GERAK DASAR PENCAK SILAT DENGAN PERMAINAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Fahrian, Muhammad Andri and Simatupang, Nurhayati and Suprayitno (2022) GERAK DASAR PENCAK SILAT DENGAN PERMAINAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pedagogik Olahraga, 08 (01). pp. 27-32. ISSN 2503-5355

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran gerak dasar merupakan aspek utama yang harus dikuasai peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui model pembelajaran gerak dasar pukulan dan tendangan dengan permainan bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Untuk mengetahui kelayakan model pembelajaran gerak dasar pukulan dan tendangan pencak silat dengan permainan bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian ini yaitu model pengembangan (R&D) yaitu menghasilkan sebuah produk buku pedoman permainan gerak dasar pukulan dan tendangan pencak silat dengan permainan bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Subjek uji coba produk yaitu siswa kelas XI SD Muhammadiyah yaitu pada uji coba kelompok kecil sebanyak 30 orang dan pada uji coba kelompok besar sebanyak 100 orang siswa SD Muhammadiyah Medan. Hasil penelitian ini diperoleh kelayakan produk pembelajaran gerak dasar pencak silat berdasarkan penilaian ahli dan uji coba lapangan diperoleh rentang persentase 84,28%-95,83%. Kesimpulan penelitian ini model pembelajaran gerak dasar pukulan dan tendangan pencak silat dengan permainan bagi siswa sekolah dasar Muhammadiyah Tanjung Sari dinyatakan “layak” dan dapat “digunakan”.

Item Type: Article
Additional Information: 372.86 Fah g
Keywords: Gerak dasar; Pencak silat; Permainan; Tapak suci
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV1100 Fighting sports: Bullfighting, boxing, fencing, etc.
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 May 2023 03:17
Last Modified: 24 May 2023 03:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52252

Actions (login required)

View Item
View Item