PENGEMBANGAN APLIKASI IDENTIFIKASI BAKAT CABANG OLAHRAGA RENANG BERBASIS WEB (WEB BASED APPLICATION)

Suprayitno and Sunarno, Agung and Saputra, Iwan (2022) PENGEMBANGAN APLIKASI IDENTIFIKASI BAKAT CABANG OLAHRAGA RENANG BERBASIS WEB (WEB BASED APPLICATION). Technical Report. Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of HAKI.pdf]
Preview
Text
HAKI.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview

Abstract

Tahap pertama pada sistem pembibitan olahraga adalah pemanduan dan pengembangan bakat. Pemanduan dan pengembangan bakat merupakan awal penting untuk mendapatkan bibit atlet berbakat yang potensial dan memberikan peluang yang besar untuk dikembangkan menjadi atlet berprestasi dikemudian hari. Identifikasi bakat cabang olahraga memiliki karakter yang lebih khusus pada cabang olahraga tertentu. Identifikasi bakat cabor renang ini memiliki tujuan untuk pemilihan calon atlet cabang olahraga renang yang akan dibina secara jangka panjang. Komponen identifikasi bakat ini akan diuraikan secara jelas termasuk kriteria seleksi, proses seleksi, prosedur seleksi dan norma tes.
Ketajaman alat identifikasi bakat cabang olahraga renang akan mampu mendapatkan bibit-bibit unggul yang nantinya akan mampu meningkatkan prestasi olahraga renang. Oleh karena itu perlu dikembangkan suatu panduan dan aplikasi identifikasi bakat cabang olahraga renang yang mampu melayani kebutuhan
pengguna dan mudah diakses. Aplikasi identifikasi bakat cabang olahraga renang berbasis web (web based application) akan membantu proses pembibitan dalam pembinaan jangka panjang olahraga renang.
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah terciptanya satu aplikasi identifikasi bakat cabang olahraga renang berbasis web yang mudah diakses. Target yang akan dicapai adalah dihasilkan berupa standar model aplikasi
identifikasi bakat cabang olahraga renang berbasis web, manual prosedur model dan instruksi kerja dapat dijadikan sebagai sasaran atau acuan setiap variabel pembinaan olahraga renang bagi seluruh stakeholder keolahragaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and
Depelovment (Borg and Gall: 1989) atau penelitian pengembangan yang dikelompokkan pada 3 tahapan, yaitu (1) Tahap pra Pengembangan meliputi; analisis kebutuhan dan
penyusunan dokumen model, (2) Tahap Pengembangan meliputi, pengembangan model aplikasi identifikasi bakat cabang olahraga renang berbasis web dan instrumen evaluasinya melalui FGD, dilanjutkan dengan ujicoba sampel kecil, ujicoba kelompok besar dan (3) tahap penerapan meliputi; pelaksanaan model pembelajaran olahraga akuatik ke objek penelitian yaitu sekolah atau perkumpulan cabang olahraga renang.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Keywords: Bakat; Olahraga; Renang; Web
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV770 Water sports: Canoeing, sailing, yachting, scuba diving, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 May 2023 08:37
Last Modified: 29 May 2023 06:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52239

Actions (login required)

View Item
View Item