PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE DAN KARTU SOAL PADA MATERI SISTEM KOLOID

Hutasuhut, Intan Audina (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE DAN KARTU SOAL PADA MATERI SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4113331016 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4113331016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4113331016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4113331016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4113331016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4113331016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4113331016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4113331016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4113331016 BAB I.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4113331016 BAB V.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4113331016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Menggunakan Media Crossword Puzzle dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar melalui model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT dengan Menggunakan Media Kartu Soal pada pokok bahasan Koloid di SMA Negeri 20 Medan pada kelas XI IPA tahun ajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara Purposif Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option. Sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-tes kelas yang diajar dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Menggunakan Media Crossword Puzzle adalah pretest sebesar 26,25 dengan S sebesar 6,071 dan untuk post-test sebesar 85,375 dengan S sebesar 8,273 dan rata-rata nilai pretest kelas yang diajar dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Menggunakan Media Kartu Soal adalah sebesar 21,625 dengan S sebesar 6,343 dan untuk post-test sebesar 79,125 dengan S sebesar 5,17. Disamping itu, dari analisis data gain yang telah berdistribusi normal dan homogen skor rata-rata gain yang diperoleh siswa di kelas eksperimen I sebesar 0,799 dan kelas eksperimen II sebesar 0,73255, sehingga persentase peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen I sebesar 77,9 % sedangkan pada kelas eksperimen II sebesar 73,255%. Sesuai dengan uji hipotesis yakni uji t dua pihak, dengan taraf signifikan 0,02 diperoleh thitung> ttabel, yakni thitung=3,53 >ttabel= 1,994), berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan melihat hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Ada perbedaan hasil belajar siswa yang di ajar melalui model pembelajaran KooperatifTipe NHT dengan Media Crossword Puzzle dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Media Kartu Soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRiris, Ida Duma195806291980112001
Call Number: SK-s2016 KIM 009
Keywords: Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT); Crossword Puzzle; Kartu Soal; Sistem Koloid.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 May 2016 07:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5222

Actions (login required)

View Item View Item