KEEFEKTIFAN METODE PENGAJARAN MEMBACA DAN MENULIS (MMP)(STUDI DESKRIPTIF TERHADAP PENGALAMAN GURU-GURU KELAS SATU SEKOLAH DASAR)

Adil, Nasrun KEEFEKTIFAN METODE PENGAJARAN MEMBACA DAN MENULIS (MMP)(STUDI DESKRIPTIF TERHADAP PENGALAMAN GURU-GURU KELAS SATU SEKOLAH DASAR). -.

[img]
Preview
Text
Keefektifan Metode Pengajaran Membaca dan Menulis terhadap Pengalaman Guru SD.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview

Abstract

Setiap pengajaran di sekolah formal melibatkan siswa, guru, tujuan, materi, fasilitas, dan cara guru menyampaikan pelajaran dalam rangka mencapai tujuan pengajaran. Cara guru menyampaikan pelajaran ini lazim disebut metode pengajaran. Tujuan pengajaran membaca dan menulis permulaan adalah supaya anak dapat membaca dan menulis. Membaca dalam arti menyuarakan lambang atau bunyi bahasa sebelum membaca untuk memahami makna yang dibaca. Menulis dalam arti menggambar atau menuliskan gambar atau bunyhi bahasa sebelum menulis mengungkapkan pikiran atau perasaan. Dalam hal pengajaran membaca dan menulis permulaan dikenal berbagai metode pengajaran untuk pencapaian tujuannya, yaitu: metode abjad/huruf, metode bunyi (lazim disebut metode Eja), metode kata, metode suku kata, dan metode global (kalimat). Yang terakhir inil (metode kalimat) dikenal pula dengan metode SAS. Semua metode ini tentu mempunyai kebaikan dan kelemahan. Guru yang berpengalaman menerapkannya tentu dapat memberi reaksi untuk mengatakan ada metode yang efektif di antaranya. Untuk mengetahui hal itu dilakukan penelitian terhadap guru-guru SD yang pernah dan mempunyai pengalaman mengajarkan membaca dan menulis permulaan di kelas satu di semua SD yang ada di Kecamatan Talawi, Kab. Batubara yang berjumlah 44 orang. Data penelitian ini diperleh melalui wawancara terhadap guru-guru SD yang dijadikan sumber data Setelah adata dianalisis diketahui metode pengajaran MMP yang efektif menurut responden adalah metode Eja. Sebanyak 81,25% responden mengatakan mereka terus menggunakan metode Eja, karena mereka mendapatkan hasil pembelajaran lebih baik atau anak lebih cepat dapat membaca dan menulis. Dengan demikian hasil penelitian ini menyatakan metode Eja lebih efektif daripada metode lain dalam pengajaran MMP sesuai pengalaman guru-guru responden penelitian ini.

Item Type: Article
Keywords: Keefektifan; Metode; Pengajaran; Membaca dan Menulis Permulaan
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 24 Mar 2016 05:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/522

Actions (login required)

View Item View Item