PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKASISWA KELAS VIII SMP NEGERI 24 MEDAN

Sarah, Sarifah (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKASISWA KELAS VIII SMP NEGERI 24 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR tabel.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR gambar.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR lampiran.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR pustaka.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakkan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E SMP Negeri 24 Medan T.A 2015/2016 yang berjumlah 34 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi kubus dan balok. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus 1 adalah 71,57 atau tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa termasuk dalam kriteria rendah dengan 21 siswa atau 61,76% dari keseluruhan siswa telah mencapai ketuntasan belajar dan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa adalah 84,23 atau tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa termasuk dalam kriteria sedang dimana banyak siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 30 orang atau 88,23% dari seluruh siswa. Berdasarkan nilai rata-rata siswa pada siklus 2 disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan. Dari hasil pengamatan, pembelajaran matematika pada materi kubus dan balok dengan metode pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving di kelas VIII SMP Negeri 24 Medan terlaksana dengan baik. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan metode Think Aloud Pair Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Call Number: SK-2016 MAT 036
Keywords: Model Pembelajaran;Kubus dan Balok; Metode TAPPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 May 2016 01:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5201

Actions (login required)

View Item View Item