KOMPETENSI GURU DAN STRATEGI PENCAPAIANNYA

/, Slamet (2007) KOMPETENSI GURU DAN STRATEGI PENCAPAIANNYA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13 (48). 01-16. ISSN 0852-2715

[img]
Preview
Text
Kompetensi guru dan strategi pencapaiannya.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kehidupan adalah perubahan. Jika tidak ada perubahan, tidak akan ada kehidupan. Pendidikan dapat dikategorikan sebagai kehidupan karena memiliki sifat untuk berubah, baik inputnya, prosesnya maupun outpunnya. Kehidupan diciptakan oleh Nya serba sistem. Sistem ciptaannya mempunyai ciri utuh dan benar. Utuh dalam arti, semua komponen yang diperlukan oleh sistem ciptaan Nya lengkap (lihat sistem ciptaan Nya utuh, tidak kurang). Benar dalam arti, semua komponen sistem ditempatkan pada tempatnya. Misalnya, menempatkan orang sesuai dengan kemampuan dan kesanggupannya (the right person in the right place) uang dipakai sesuai penggunaannya (the right money in the right use), barang dipakai sesuai dengan penggunaannya (the right thing in the use), dan jangan disalahtempatkan. Adalah dzolim apabila menempatkan sesuatu tidak tidak pada tempatnya. Korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) adalah pengingkaran terhadap sistem ciptaan Nya. Oleh karenanya, upaya-upaya pengembangan pendidikan baik secara makro, meso maupun mikro, seyogyanya dilakukan secara sistem (utuh dan benar). Sekolah sebgai sistem dapat dilihat pada Gambar 1 (model ini saya tulis pada tahun 2001, kemudian diadopsi oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional)

Item Type: Article
Keywords: Kurikulum; akreditasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Mar 2016 01:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52

Actions (login required)

View Item View Item