LAPORAN AKHIR PENELITIAN TERAPAN MODEL MEMBANGUN KETAHANAN DIRI TERHADAP INISIASI DAN PEMBIASAAN NARKOBA MENGGUKAN APLIKASI EDUDA

Dewi, Rosmala and Rahmadana, Muhammad Fitri and Pangaribuan, Wanapri and Dalimunthe, Muhammad Bukhori (2020) LAPORAN AKHIR PENELITIAN TERAPAN MODEL MEMBANGUN KETAHANAN DIRI TERHADAP INISIASI DAN PEMBIASAAN NARKOBA MENGGUKAN APLIKASI EDUDA. Technical Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.

[thumbnail of document.pdf]
Preview
Text
document.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan jangka panjang penelitian ini siswa memiliki media belajar untuk tidak melakukan inisiasi dan pembiasaan penyalahgunaan narkoba melalui program aplikasi eduda. Untuk mencapai tujuan tersebut disusun target khusus selama 3 tahun. Tahun pertama, pelaksanaan penelitian dilaksanakan di Kota Madya Medan, Kota Madya Tanjung Balai, Kab. Deli Serdang, Kab. Asahan, dan Kab. Batubara dan langkat Jumlah sampel 283 orang terdiri remaja, di luar sekolah sebanyak 130 orang, di dalam sekolah 96 orang dan di panti rehabilitasi 57 orang. Hasil penelitian tahun 1 dari tiga lokasi sekolah, luar sekolah, panti rehabilitasi pemanfaatan teknologi memiliki nilai tinggi, keterampilan hidup remaja rendah di tiga lokasi. Tahun kedua, mengembangkan program aplikasi eduda siswa dengan membangun keterampilan hidup bagi siswa dan ujicoba program. Tim peneliti merancang program aplikasi eduda berisi 7 keterampilan yaitu; keterampilan belajar, mengatur waktu, spiritual, mengelola stress, latihan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan kepemimpinan diri. Tahun ketiga, ujicoba secara luas dan desiminasi serta implementasi di Kota Medan, Deli Serdang, Langkat dan Asahan. Metode penelitian yang digunakan pada tahun ketiga penelitian pengembangan disain ADDIE. Instrumen yang digunakan angket tertutup, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ujicoba 8 sekolah.
Berarti program eduda dapat meningkatkan ketahanan diri siswa. Hasil penelitian tahun kedua, menghasilkan buku dan program eduda sudah mendapatkan hak cipta buku dan program.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Keywords: media belajar; siswa; inisiasi; psikologi personalia; inisiasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF697 Differential psychology. Individuality. Self
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 May 2023 08:07
Last Modified: 02 May 2023 08:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51993

Actions (login required)

View Item
View Item