UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII MTS NEGERI BANDAR

Saramika, (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII MTS NEGERI BANDAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4112111016 COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4112111016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4112111016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4112111016 PREPACE.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4112111016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4112111016 TABLES.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4112111016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4112111016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4112111016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4112111016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4112111016 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A MTs Negeri Bandar T.A 2014/2015 yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Penielitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus 1 adalah 52,75 atau tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa termasuk dalam kriteria sangat rendah dengan 10 orang siswa dari keseluruhan siswa telah mencapai ketuntasan belajar dan pada siklus 2 nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa adalah 80,75 atau tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa termasuk dalam kriteria tinggi dengan banyak siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar adalah 26 0rang siswa dari seluruh siswa.Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus 2 disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan. Dari hasil pengamatan, pembelajaran matematika pada materi pokok sistem persamaan linier dua variabel dengan metode pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terlaksana dengan baik. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Bandar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBanjarnahor, H195805131988031002
Call Number: SK-2016 MAT 004
Keywords: Matematika; Model Pembelajaran;Permasaan Leniar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 May 2016 00:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5198

Actions (login required)

View Item View Item