PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI FAKTORISASI ALJABAR DI SMP N 1 TELUK MENGKUDU T.A 2015/2016

Aryani, Ade Tri (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI FAKTORISASI ALJABAR DI SMP N 1 TELUK MENGKUDU T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4111111001 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4111111001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4111111001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4111111001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4111111001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4111111001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4111111001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4111111001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4111111001 BAB I.pdf - Published Version

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4111111001 BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4111111001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) pada materi faktorisasi aljabar di kelas VIII SMP N 1 Teluk Mengkudu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMP N 1 Teluk Mengkudu T.A 2015/2016 yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share pada materi faktorisasi aljabar. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika I diperoleh 20 siswa (57,14%) dari 35 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika II diperoleh 31 siswa (88,57%) dari 35 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 31,43%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Nilai rata-rata pada tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus I yaitu 69,68 dan pada siklus II meningkat menjadi 81,32. Peningkatatan nilai rata-rata yaitu sebesar 11,64. Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika siswa untuk setiap aspek yang diteliti, pada aspek menulis/menjelaskan skor rata-rata siswa 62,14 (kategori rendah), pada aspek representasi skor rata-rata siswa 68,93 (kategori rendah). Dan pada siklus II terjadi peningkatan seperti berikut : Pada aspek menulis/menjelaskan, skor rata-rata 94,29 (kategori sangat tinggi)), pada aspek representasi skor rata-rata siswa 81,79 (kategori tinggi). Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan komunikasi matematika siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi faktorisasi aljabar di kelas VIII SMP N 1 Teluk Mengkudu T.A 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHia, Yasfati196304011989031004
Call Number: SK-2016 MAT 026
Keywords: Komunkasi Matematika; Faktorisasi Aljabar; Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 May 2016 18:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5183

Actions (login required)

View Item View Item