LAPORAN AKHIR RISET INSTITUSI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS CASE STUDIES GUNA MENCIPTAKAN GOOD CITIZENSHIPS SISWA SMP DAN MTS DI KOTA MEDAN Tahun ke 2 dari rencana 3 tahun

Damanik, Erond L and Firmansyah, Wira and Febryani, Ayu (2022) LAPORAN AKHIR RISET INSTITUSI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS CASE STUDIES GUNA MENCIPTAKAN GOOD CITIZENSHIPS SISWA SMP DAN MTS DI KOTA MEDAN Tahun ke 2 dari rencana 3 tahun. Technical Report. LPPM, Medan.

[thumbnail of document.pdf]
Preview
Text
document.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of report.pdf]
Preview
Text
report.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian Unggulan Institusi Universitas Negeri Medan ini merupakan penelitian tahun
ke-2 yang bertujuan untuk menguji model pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
berbasis case-method guna pada SMP dan Sederajat di Kota Medan. Target capaian dan
luaran penelitian adalah model pembelajaran IPS berbasis good citizenships pada TKT�7 dan luaran berupa publikasi artikel terindeks Scopus Quartile-2 (Q2) yang
dipublikasikan pada tahun ke-3. Penelitian pengembangan ini berkontribusi secara
akademis dan praksis guna meningkatkan good citizenships yakni siswa yang memiliki
kepedulian, partisipasi, dan perhatian warganegara kepada masyarakat. Penelitian
pengembangan dilaksanakan dengan metode Research and Development (R&D)
menggunakan model 4-D Tiagarajan yang terdiri empat tahapan yakni (1)
pendefenisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebarluasan. Data-data
dikumpulkan melalui observasi, deep interview, telaah pustaka, dan focus discussion
group. Semua data dianalisis melalui qualitative descriptive model interaktif dari Miles
dan Habermans, dan ujicoba pengembangan model case-study pembelajaran IPS untuk
menguatkan good citizenships dengan menggunakan statistika non-parametrik.
Ekspektasi hasil penelitian yang diharapkan adalah (1) hasil validasi model oleh ahli;
(2) hasil uji coba model Pembelajaran, (3) Revisi model Pembelajaran case study dan
(4) Finalisasi Model Pembelajaran case study. Kegiatan diseminasi dilakukan pada
penelitian tahun ke-3. Hasil validasi tahun ke-2 menunjukkan bahwa perangkat
pembelajaran (RPP) layak dengan skor 2,80 dari skala 3. Sedangkan penilaian model
Pembelajaran dinyatakan layak dengan skor 4,60 dari skala 5.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Keywords: case-study; good-citizenships; IPS; model pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Apr 2023 04:28
Last Modified: 30 Apr 2023 13:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51810

Actions (login required)

View Item
View Item