LAPORAN AKHIR RISET INSTITUSI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS CASE STUDIES GUNA MENCIPTAKAN GOOD CITIZENSHIPS SISWA SMP DAN MTS DI KOTA MEDAN

Damanik, Erond L and Firmansyah, Wira and Febryani, Ayu (2021) LAPORAN AKHIR RISET INSTITUSI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS CASE STUDIES GUNA MENCIPTAKAN GOOD CITIZENSHIPS SISWA SMP DAN MTS DI KOTA MEDAN. Technical Report. LPPM, Medan.

[thumbnail of document.pdf]
Preview
Text
document.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of report.pdf]
Preview
Text
report.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian Unggulan Institusi Universitas Negeri Medan bertujuan untuk menemukan
model pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis case-method guna pada SMP dan
Sederajad di Kota Medan. Target capaian dan luaran penelitian adalah model
pembelajaran IPS berbasis good citizenships pada TKT-7 dan luaran berupa publikasi
artikel terindeks Scopus Quartile-2 (Q2). Penelitian pengembangan ini berkontribusi
secara akademis dan praksis guna meningkatkan good citizenships yakni siswa yang
memiliki kepedulian, partisipasi, dan perhatian warganegara kepada masyarakat.
Penelitian pengembangan dilaksanakan dengan metode Research and Development
(R&D) menggunakan model 4-D Tiagarajan yang terdiri empat tahapan yakni (1)
pendefenisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebarluasan. Data-data
dikumpulkan melalui observasi, deep interview, telaah pustaka, dan focus discussion
group. Semua data di analisis melalui qualitative descriptive model interaktif dari Miles
dan Habermans, dan ujicoba pengembangan model case-study pembelajaran IPS untuk
menguatkan good citizenships dengan menggunakan statistika non-parametrik.
Ekspektasi hasil penelitian yang diharapkan adalah (1) tujuan dan sasaran umum
pembelajaran IPS di SMP dan Sederajat yaitu good citizenships; (2) konten atau materi
ajar IPS pada SMP dan sederajat di Kota Medan, (3) media, alat, dan strategi
pembelajaran IPS pada SMP dan sederajat di Kota Medan, dan (4) guru model
pembelajaran IPS yang mampu memadukan materi, media, alat, dan strategi
pembelajaran untuk menciptakan good citizenships.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Keywords: case-study; good-citizenships; IPS; model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Apr 2023 04:14
Last Modified: 19 Apr 2023 04:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51808

Actions (login required)

View Item
View Item