Analisis Penerapan Case Method dan Team Based Project Dalam Kebijakan Jurusan di Universitas Negeri Medan

Nurman, Ali and Yuniastuti, Eni and Pinem, Mbina and Berutu, Nurmala and Rahmadi, M. Taufik and Maulina, Tri and Ginting, M. Rizky Pratama and Saqina, Dilvia (2022) Analisis Penerapan Case Method dan Team Based Project Dalam Kebijakan Jurusan di Universitas Negeri Medan. PUBLIKAUMA : Jurnal Ilmu Administrasi Publik UMA, 10 (2). pp. 137-143. ISSN 2549-9165; 2580-201

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran case method dan team-based merupakan salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) yang diterapkan
oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 3/M/2021. Pembalajaran case method
dan team-based adalah pembelajaran yang dibebankan kepada mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis (critical thinking) mahasiswa, memecahkan masalah, mencari solusi, dan menumbuhkan
kemampuan berkomunikasi. Pembelajaran ini juga bermanfaat untuk dosen sebagai tenaga pengajar untuk
meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat
ketercapaian penerapan case method dan team-based project dalam pembelajaran berdasarkan kebijakan Jurusan.
Penelitian ini menggunakan merupakan penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi angkatan 2020-2022
berjumlah 454 dan sampe penelitian sebenyak 215 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan kuisioner
(angket) yang disebarkan kepada mahasiswa melalui google form. Hasil penelitian yaitu implementasi case method
dan team-based di Jurusan Pendidikan Geografi masih belum berjalan secara maksimal, hal ini dikarenakan
beberapa faktor yaitu kurangnya pemahaman mahasiswa dalam tujuan penerapan penugasan case method dan
team-based, langkah-langkah penugasan case method dan team-based yang dilampirkan dalam Rencana
Pembelajaran Semester (RPS) masih belum jelas, dan kurangnya partisipasi mahasiswa dalam penugasan case
method dan team-based. Kebijakan Jurusan dalam penerapan case mmethod dan team-based project masih belum
efektif dikarenakan mahasiswa masih belum mengetahui tujuan dan manfaat dalam penerapan case method dan
team-based project.

Item Type: Article
Keywords: Case Method; Team-Based Project; penerapan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2381 Academic degrees
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Apr 2023 05:52
Last Modified: 17 Apr 2023 05:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51755

Actions (login required)

View Item
View Item