LAPORAN AKHIR PENELITIAN KEBIJAKAN FAKULTAS EVALUASI PENYELENGGARAAN LOKAKARYA DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PADA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIMED

Berutu, Nurmala and Nurwihastuti, Dwi Wahyuni and Damanik, Muhammad Ridha Syafii and Beru Perangin-angin, Reh Bungana and Malau, Weston (2018) LAPORAN AKHIR PENELITIAN KEBIJAKAN FAKULTAS EVALUASI PENYELENGGARAAN LOKAKARYA DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PADA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIMED. Project Report. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan, Medan.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (785kB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan amanah
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Dalam undangundang ini dinyatakan bahwa guru adalah suatu profesi. Uulvershas Negeri Medan
(Unimed) merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki program
pengadaan tenaga kependidikan yang telah ditctapkan oleh pemerintah untuk
menyelenggarakan PPG. Penyelenggraan PPG di Unimed tersebar ke 7 falultas
antara lain Fakultas llmu Sosial (FIS). Namun selarna 6 tahun penyelenggarann
PPG di FIS ihi belum pemali diteliti keberhasilannya. Penelitian ihi akan
mengevaluasi penyelenggaraan PPG di FIS, namun hanya dibatasi dalam dua hal
yaltu evaluasi penyelenggaraan lokakarya dan PPL. Hal ini karena lokakarya dan
PPL memiliki proporsi yang besar dalam kurikulum PPG.
Tujunn dari penelitian ini untuk: (1) Mengevaluasi penyelenggaraan
lokakarya pada Prograln Pendidikan Profesi Guru di Fakultas Ilmu Sosial Unimed
dan (2) Mengevalunsi penyelenggaraan Praktik Pengalaman Lapangan pada
Program Pendidikan Profesi Guru di Fakultas Ilmu Sosial Uhimed.
Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan dan target tersebut
adalch survei, sampling, dan kunlitatif. Populasi penelitian ini adalah keseLuruhan
pengelola PPG di FIS Unimed, dosen, mahasiswa, dan guru panong. Teknik
pengambilan sampeL dilakukan secara purposive sampling uutuk mengetahui
karakteristik lokakarya dan PPL pada penyelenggarann PPG di FIS Unimed.
Pengumpulan data primer dilakukan melalui wawancara dan observasi dan FGD.
Sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan melalui studi literatur. Kegiatan
pelaksanaan penelitian ini dibagi menjadi tiga tahapan utama, yaitu terdiri dari: ( 1)
persiapan, (2) pelaksanaan, dan (3) pelaporan. Analisis hasil penelitian dilakukan
secara deskriptif.
Kesimpulan dari penelitian jni adalah : (I) Pelaksanaan Lokakarya PPG di
FIS Unimed secara umum sudah dilaksanakan dengan balk. Namun ada penilaian
yang masih kurang baik pada kualhas bimbingan dalam presentasi, perencanaan
review hasil pendalaman materi, dan cakupan untuk lokakarya review hasil
pendalaman materi dan atau pedagogi, (2) Pelaksanaan PPL PPG di FIS Unimed
secara umum sudah dilaksanakan dengan balk. Namun masih ada penilaian yang
masih kurang baik mengenai refleksi pelaksanaan praktek pembelajaran yang
dilakukan oleh mahasiswa, guru pamong, dan dosen pembimbing

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: pendidikan profesi guru; evaluasi; lokaharya; prcktik pengalaman lapangan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Apr 2023 01:33
Last Modified: 17 Apr 2023 01:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51736

Actions (login required)

View Item
View Item