MENGEMAS PEMBELAJARAN PJOK YANG INOVATIF DAN ADAFTIT BAGI SISWA SD SELAMA BELAJAR DARING

Siregar, Samsuddin (2021) MENGEMAS PEMBELAJARAN PJOK YANG INOVATIF DAN ADAFTIT BAGI SISWA SD SELAMA BELAJAR DARING. In: New Normal Pendidikan Jasmani. PERDANA PUBLISHING, Medan, pp. 37-50. ISBN 978-623-7842-67-5

[thumbnail of book section.pdf]
Preview
Text
book section.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of Turnitin.pdf]
Preview
Text
Turnitin.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penyebaran covid-19 membuat tatanan pendidikan berubah pada
berbagai aspek, terutama dalam proses pembelajaran yang biasanya dilakukan
dengan tatap muka, namun karena covid-19 proses belajar dilakukan secara
belajar dari rumah (BDR) dengan tujuan untuk memutus rantai penyebaran
Covid19 di Indonesia. Bagi guru PJOK dalam kondisi belajar seperti ini,
diperlukan berbagai inovasi metode, media, model, dan materi agar siswa
tetap bela jar dengan fun dan bermanfaat. Inovasi dalam pembelajaran
PJOK merupakan sesuatu yang harus dilakukan guru, ini dikarenakan
karen a dinamika kehidupan man usia yang selalu berubah-ubah dari
waktu ke waktu a tau dari masa ke masa. Dalam menjalani pembelajaran
daring online oleh guru untuk siswa bukan hanya sekedar adanya fasilitas
hand phone android dan kuota, namun guru harus merniliki kemampuan
inovasi adaftit untuk mendesain pembelajaran yang tepat untuk siswanya.
Ada tahapan yang harus dilakukan guru PJOK untukmenentukan pembelajaran
yang inovatif dan adaftid bagi siswa selama belajar daring. (1) Guru perlu
menganalisis lingkungan tempat tinggal siswanya, (2) Menetapkan media
dan peralatan yangefektif, (3) Memberikan Layanan BelajarYang Berbeda
An tar Siswa, dan ( 4) Guru bekerjasama dengan orangtua siswa. Keempat tahapan ini bila dilakukan secara optimaL diyakini akan memberikan hasil
yang positif dalam mencapai tujuan pembelajaran PJOK.

Item Type: Book Section
Keywords: pembelajaran PJOK; inovatof; adaftif; siswa SD; daring
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 10 Apr 2023 08:32
Last Modified: 10 Apr 2023 08:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51675

Actions (login required)

View Item
View Item