PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING PRESENTER UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MINYAK BUMI

Dalimunthe, Siti Khodijah and Roza, Destria (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING PRESENTER UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MINYAK BUMI. In: Seminar Nasional Kimia 2021, 26 Jun 2021, Samarinda-Kalimantan Timur.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis iSpring Presenter yang layak digunakan pada materi minyak bumi. Dan kedua adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan iSpring Presenter lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis iSpring Presenter atau hanya memakai media powerpoint biasa saja. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Dari enam kelas diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan meggunakan media iSpring Presenter dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol menggunakan media powerpoint biasa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t satu pihak, yaitu menggunakan uji pihak kanan pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran iSpring Presenter yang dikembangkan memperoleh kelayakan materi dan media dengan hasil beturut sebesar 89% dan 85,6% dengan kategori sangat layak untuk digunakan. Kemudian hasil belajar siswa diperoleh data harga thitung > ttabel (3,90 > 1,670), dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis iSpring presenter lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran powerpoint biasa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: 553.28 Dal p
Keywords: Media eligibility; Learning outcomes; iSpring Presenter; Powerpoint
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
T Technology > TP Chemical technology > TP670 Oils, fats, and waxes > TP690 Petroleum refining. Petroleum products
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 04 Apr 2023 05:16
Last Modified: 04 Apr 2023 05:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51628

Actions (login required)

View Item
View Item